Stok Ikan 19 Ton Per Hari Cukupi Kebutuhan Warga Ternate | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Stok Ikan 19 Ton Per Hari Cukupi Kebutuhan Warga Ternate

BERITA MALUKU. Komsumsi ikan di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), selama Ramadhan cukup meningkat, namun pasokan/stok terjamin sebanyak 19 ton per hari sehingga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Untuk rata-rata ikan yang masuk ke Kota Ternate kebanyakan dari Bacan, Tidore dan Ternate, sedangkan jenis ikannya terbanyak ikan tongkol, cakalang dan Layang," kata Kasubbag Pendataan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Ternate Jainuddin di Ternate, Sabtu (4/7/2015).

Menurut dia, ada juga ikan dasar namun tidak terlalu signifikan pendapatannya dan untuk pasokan setiap harinya ada dan kersediaan tetap aman hingga saat ini, cuaca buruk sekalipun pemasokan tetap ada dan belum mengalami penurunan semenjak bulan Ramadhan ini.

"Ikan yang masuk rata-rata dari Bacan, Tidore dan Ternate, untuk pemasokan satu hari itu 19 ton," katanya.

Dia mengakui, harga ikan tidak mengalami peningkatan signifikan, karena ketersediaan stok terpenuhi selama Ramadhan.

"Sistem pendataan untuk setiap kapal yang masuk dan berlabuh di dermaga dilakukan secara langsung, karena kita sudah menetapkan sistem setiap ada pemasukan harus diadakan pendataan meskipun tidak ada barang masuk, untuk keberangkatan pun harus diadakan pendataan, karena itu termasuk satu persyaratan yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Perikanan, untuk mengeluarkan surat izin berlayar," katanya.

Olehnya itu, agar dapat mengontrol letak penangkapan, pada lintang berapa, karena pendataan ini akan diminta pertanggungjawaban oleh Kementerian untuk pertanggungjawaban. (ant/bm 01)
Malut 80051610381868627

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang