Penerimaan Siswa Baru di Ambon, SMA dan SMP Ini Paling Diminati | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Penerimaan Siswa Baru di Ambon, SMA dan SMP Ini Paling Diminati

BERITA MALUKU. Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ambon, Maluku melakukan evaluasi penerimaan siswa baru tahun ajaran 2015- 2016.

"Sampai hari ini hasil evaluasi penerimaan siswa baru tingkat SMA dan yang telah tertampung 95 persen di sekolah negeri maupun swasta, sedangkan tingkat SMP mencapai 60 persen," kata Kepala Dinas Pendidikan Benny Kainama, di Ambon, Selasa kemarin.

Menurut dia, pihaknya sampai saat ini juga tidak menerima laporan pihak sekolah yang tidak dapat menerima siswa baru karena keterbatasan kapasitas.

"Proses penerimaan siswa baru untuk SMA dan SMK telah rampung dan hanya beberapa siswa saja yang belum mendapat sekolah, hal tersebut disebabkan para siswa menginginkan sekolah unggulan di Ambon, tetapi pada prinspinya masih bisa diatasi," katanya.

Ia mengakui, sekolah unggulan di Ambon seperti SMAN 1, 2 dan 11 serta SMPN 2, 4 dan 6 juga masih mendominasi penerimaan siswa baru, walaupun minat banyak tetapi dilakukan seleksi sehingga semua tertampung dengan baik.

"Animo siswa untuk mendaftar ke skolah unggulan mengalami peningkatan, tetapi tidak sampai pada siswa terlantar karena tidak mendapat sekolah," ujarnya.

Penerimaan siswa baru, kata Benny, pihaknya menerapkan sistem rayon untuk meminimalkan penerimaan siswa baru di sekolah unggulan.

"Sistem ini dilakukan agar siswa yang bertempat tinggal jauh dari pusat kota, melamar di sekolah yang letaknya tidak jauh dari tempat tinggalnya," ujarnya.

Dijelaskannya, petunjuk teknis yang dikeluarkan Dinas Pendidikan bahwa sekolah wajib membuat pernyataan untuk tidak menerima siswa baru melebihi daya tampung.

"Sekolah harus objektif dalam menerima siswa baru. Proses ini juga harus melalui tes penerimaan agar tidak terjadi penumpukan siswa pada sekolah tertentu," katanya.

Benny menambahkan, pihak sekolah harus memperhatikan kapasitas ruangan belajar siswa agar kualitas pendidikan bisa ditingkatkan.

"Selain ruangan belajar, hal lain yang harus diperhatikan adalah jumlah guru dan fasilitas sekolah seperti ruang labolatorium dan perpustakaan, karena berdampak terhadap kualitas pendidikan," tandasnya. (ant/bm 01)
Pendidikan 6006128481110996381

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang