Pemprov Maluku Akan Gelar Musyawarah Besar Masyarakat Maluku | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pemprov Maluku Akan Gelar Musyawarah Besar Masyarakat Maluku

BERITA MALUKU. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku akan menggelar Musyawarah Besar Masyarakat Maluku (Mubes MAMA) pada November 2015.

"Setelah dilakukan sosialisasi Mubes MAMA di 11 kabupaten dan kota di Maluku dan berakhir di Ambon, mendapat dukungan positif dari masyarakat dukungan yang meluas di seluruh maluku termasuk Kota Ambon, mubes bisa dilaksanakan," kata Ketua Panitia Pelaksana Mubes Masyarakat Maluku Tony Pariela di Ambon, Senin (27/7/2015) kemarin.

Menurut dia, karakteristik wilayah Maluku belum didukung kebijakan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat, sehingga mengalami ketertinggalan, keterisolasian.

Dalam konteks ini harus ada perlakuan yang berbeda atau perlakuan khusus dari pemerintah melalui "desentralisasi asimetris" dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Secara filosofis Maluku sebagai provinsi kepulauan, haruslah dimulai dari falsafah Pancasila dan paham Bhineka Tunggal Ika yang menempatkan wilayah provinsi kepulauan dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yakni prinsip pengelolaan pemerintahan NKRI yang menempatkan masyarakat Maluku sebagai penerima manfaat yang berkeadilan dan proporsional.

"Manfaat yang diperoleh masyarakat Maluku terkait hak berpartisipasi dalam pemerintahan, mendapat manfaat sebesar-besarnya dari pengelolaan sumber daya alam serta hak mendapatkan sentuhan pembangunan secara berkualitas," katanya.

Tony mengatakan, tujuan pelaksanaan mubes untuk mengkonsolidasi wawasan ke-Maluku-an dalam realitas NKRI, kedua memperjuangkan keadilan dalam penyelengaraan pemerintahan, serta merumuskan gagasan mempersiapkan calon pimpinan asal Maluku.

Mempersiapkan Mubes pihaknya juga akan melakukan sosialisasi di sejumlah provinsi besar di Indonesia untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat di luar Maluku.

"Kami telah merumuskan dan mepersiapkan sosialisasi kepada masyarakat Maluku di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua, untuk menyatukan persepsi bersama," ujarnya.

Ia menambahkan, pelaksanaan Mubes dilaksanakan November 2015 menghadirkan narasumber dari berbagai kalangan, berdasarkan masukan dari kabupaten dan kota di Maluku.

"Panitia dalam waktu dekat akan merumuskan agenda, harapan kami melalui Mubes Mama seluruh potensi anak negri maluku terkonsolidasi dengan baik, dan menjadi kekuatan bersama untuk bergerak ke pemerintah pusat," ujar Tony. (ant/bm 01)
Headline 7551675254648475579

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang