Disparbud Diminta Perhatikan Pulau Wisata Morotai | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Disparbud Diminta Perhatikan Pulau Wisata Morotai

Ternate - Berita Maluku. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut), diminta memperhatikan sejumlah aset wisata dalam wilayah setempat, salah satunya tempat wisata pulau-pulau.

"Sebab, sejauh ini penataan aset wisata tidak merata, bahkan sebagian tidak tersentuh sama sekali dan yang menjadi fokus Disparbud sekarang ini hanya tempat wisata Pulau Dodola saja, sedangkan tempat wisata lainnya tidak disentuh sama sekali," kata salah seorang pemerhati pariwisata Pulau Morotai Muhammad Ramli di Ternate, Rabu.

Oleh karena itu, dirinya meminta Disparbud harus adil dan bijak dalam mengelola seluruh aset wisata yang ada, sehingga Disparbud tidak dinilai sebelah mata dalam pengelolaan pariwisata misalnya di Pulau Zum-zum.

Pulau wisata yang merupakan tempat peristirahatan Jenderal Perang Dunia II Douglas Mc Arthur itu, sempat dibangun sejumlah fasilitas pendukung wisata lainnya, hanya saja, tidak terawat sehingga seluruh fasilitas dan barang pendukung lainnya telah rusak.

Selain itu, lokasi berdirinya Patung Mc Arthur juga sudah dipadati tumbuhan dan rerumputan yang tebal, hal serupa juga terjadi di tempat wisata Pulau Galo-galo kecil. Ini karena pihak Disparbud masih lemah.

Dia bahkan menilai jika pembentukan UPT oleh Disparbud yang ditempatkan di Pulau Dodola juga sangat tidak efektif, sebab, pihak UPT hanya memfokuskan seluruh aktivitasnya di Pulau Dodola saja.

Sementara pulau wisata lainnya tidak diperhatikan. Padahal UPT sendiri, telah difasilitasi berupa satu unit Speed Boad yang bisa dipakai untuk mengakses seluruh pulau wisata tersebut.

Atas dasar itu, dirinya meminta kepada Kadisparbud sekarang, untuk dapat memperhatikan seluruh aset wisata yang belum disentuh sampai sekarang ini. Kalaupun sudah ada yang disentuh, maka harus dikembangkan.

Sehingga begitu ada pengunjung yang ingin berwisata di tempat wisata ini, mereka merasa puas karena selain alamnya yang bersih dan asri, eksotik dibawa lautnya juga sangat mendukung.

Sementara itu, di tempat terpisah, Bupati Pulau Morotai Rusli Sibua ketika dikonfirmasi sebelumnya menyatakan, Pemkab Pulau Morotai punya komitmen untuk mengembangkan berbagai potensi pariwisata, salah satunya membenahi objek wisata Pulau Dodola yang memiliki pantai dan pasir putih yang indah. (ant/bm 01)
Malut 2176754364230172844
Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang