12 Perkampungan Kuno Ditemukan di Pulau Tanimbar | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

12 Perkampungan Kuno Ditemukan di Pulau Tanimbar

Ambon – Berita Maluku. Tim arkeolog yang diterjunkan Balai Arkeologi Ambon ke Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) untuk meneliti benda-benda pra sejarah menyatakan telah menemukan 12 perkampungan kuno di pulau julukan duan lolat itu.

Belasan perkampungan kuno yang ditemukan ini terdapat di Pulau Fordata dan Pulau Larat.

“Dari hasil penelitian kita di Tanimbar, sudah ditemukan 12 perkampungan kuno. Namun dari dua wilayah itu sebagian besar perkampungan kuno  ditemukan di Pulau Fordata,” kata ketua  tim, Marlon Rirmase kepada Berita Maluku.com melalui telepon selulernya dari Larat, Rabu (18/3).

Selain menemukan perkampungan kuno, kata Ririmase, pihaknya juga menemukan sejumlah situs lainnya, antara lain goa hunian pra sejarah dan jejak penguburan kuno. Untuk goa hunian tinggalan pra sejarah, itu ditemukan di 15 titik. Sementara untuk jejak kuburan kuno terdapat di beberapa titik.

Ririmase mengatakan, di Tamimbar masih banyak tempat yang belum dijangkau untuk melakukan kegiatan penelitian, namun diduga masih banyak situs pra sejarah berada di wilayah tersebut.

Di tempat terpisah, Kepala Balai Arkeologi Ambon Muh. Husni kepada media ini mengaku, tinggalan-tinggalan sejarah maupun pra sejarah di Provinsi Maluku masih cukup banyak, ibarat masih perawan karena banyak situs-situs tersebut belum disentuh.

Untuk itu, pihaknya di waktu mendatang berupaya melakukan penelitian-penelitian untuk menemukan situs-situs tersebut.

“Kita akan meneliti situs-situs yang ada di Maluku. Untuk saat ini, kita sudah terjunkan dua tim untuk melakukan penelitian di Tanimbar-MTB dan Aru. Di Tanimbar kita fokus untuk penelitian tinggalan-tinggalan purbakala, sementara untuk di Aru kita fokus untuk meneliti jejak sejarah Islam,” tandas lelaki asal Sulawesi Selatan itu. (e)

Pilihan 7178526529450064601
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks