Pemkot Ambon Upayakan Raih Opini WDP | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Pemkot Ambon Upayakan Raih Opini WDP

Ambon - Berita Maluku. Pemerintah Kota Ambon, Provinsi Maluku, berupaya meraih opini wajar dengan pengecualian (WDP) atas laporan keuangan tahun 2014 antara lain dengan menggelar bimbingan teknis pengawasan dan penyusunan laporan keuangan.

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy di Ambon, Selasa (21/1/2014), mengatakan bimbingan teknis dilakukan guna memberikan konstribusi signifikan dalam pengawasan dan pengendalian keuangan daerah sehingga meningkatkan pengelolaan keuangan menjadi efisien, ekonomis, transparan dan akuntabel.

Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) tidak memberikan pendapat (TMP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Kota Ambon pada tahun 2010-2012.

Padahal pada tahun 2007, Laporan Keuangan Pemerintah Kota Ambon mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK.

"Saya berharap adanya sinergi antara Inspektorat Pemerintah Kota Ambon, Badan Pengelola Keuangan Daerah maupun satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lain untuk dapat meningkatkan kinerjanya setidaknya untuk tujuan jangka pendek yaitu meraih opini WTP," kata Richard.

Ia mengatakan sinergi antara inspektorat selaku lembaga pengawas internal, Badan Pengelola Keuangan Daerah dan SKPD sangat penting guna mencapai tujuan jangka panjang yaitu pengelolaan keuangan yang lebih efisien, ekonomis, transparan dan akuntabel.

"Untuk mewujudkan keinginan tersebut, kita tidak perlu sungkan untuk melakukan koordinasi secara intensif dengan aparat pengawas internal pemerintah (APIP) seperti Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Juga dengan BPK Perwakilan Maluku," ujarnya.

Richard juga meminta narasumber dari BPKP Perwakilan Maluku untuk memberikan bimbingan dan arahan kepada peserta bimbingan teknis dalam aspek pengawasan dan pengelolaan keuangan daerah.

"Saya berharap peserta dapat memanfaatkan kesempatan itu agar nantinya dapat memberikan konstribusi yang signifikan terhadap aspek pengawasan dan pengelolaan keuangan daerah," katanya.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Pemerintah Kota Ambon, Jacky Talahatu menyatakan, pihaknya berkomitmen tahun 2014, Laporan Keuangan Pemerintah Kota Ambon dapat menjadi WDP.

"Mewujudkan laporan keuangan dengan opini WDP bukan hanya tanggung jawab inspektorat dan Badan Pengelola Keuangan semata namun dibutuhkan sinergi antar semua SKPD di lingkup Pemerintah Kota Ambon," katanya. (ant/bm 10)
Ambon 2147936118838140969
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks