Mercy Corps Gelar Kegiatan Mentoring Pembina & Motivator KP-Ibu Malteng | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Mercy Corps Gelar Kegiatan Mentoring Pembina & Motivator KP-Ibu Malteng

Masohi - Berita Maluku. Mercy Corps, salah satu lembaga sosial internasional (NGO) baru-baru ini menggelar kegiatan Mentoring Pembina dan Motivator Kelompok Pendukung Ibu (KP-Ibu) di sejumlah wilayah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Kegiatan NGO ini didanai European Union lewat program Matasiri dengan melibatkan Dinas Kesehatan dan PKK Malteng termasuk sejumlah unsur pemerintah di tingkat desa dan kelurahan setempat, tujuannya untuk mengampayekan pentingnya konsumsi ASI bagi bayi kepada ibu hamil dan ibu – ibu yang baru melahirkan.

Kegiatan ini dilangsungkan di Lounusa Beach, Amahai selama dua hari. Para Pembina yang hadir melakukan mentoring kepada motivator KP-Ibu yang berasal dari Desa Hatuhenu, Lateri, Ampera, Letwaru, Dusun Lateri, Dusun Harou, Kelurahan Namasina dan Desa Makariki.

Program Officer Mercy Corps perwakilan Maluku, Health Rosaline Leatemia dan Field facilitator, Nico Tulalessy yang memfasilitasi kegiatan ini kepada Berita Maluku.com, Sabtu (16/11/2013) menyatakan, semua peserta selain mendapatkan pengetahuan tambahan dalam kegiatan ini terutama tentang gizi seimbang, asam folat, zat besi, semua peserta juga ikut berbagi pengalaman suka duka saat mendampingi ibu – ibu hamil dan menyusui di desa-desa atau kelurahan setempat.

Disebutkan, dalam kegiatan ini para motivator melakukan sharing pengalaman tentang kinerja bidan di beberapa Rumah Sakit (RS). Dan ternyata ditemukan pelayanan yang bertolak belakang yang dilakukan para bidan rumah sakit, lantaran ada diantara mereka menyarankan agar ibu yang baru melahirkan selalu memberikan susu formula kepada bayi. Padahal hal ini seharusnya dilakukan sebab yang diutamakan adalah mengkonsumsi ASI sebagaimana harapan kita bersama agar anak mendapat IMD (Inisiasi Menyusui Dini).

Untuk itu, diharapka agar pemandangan seperti ini bisa menjadi perhatian serius Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Kesehatan Maluku agar dapat melakukan pemahaman kepada bidan–bidan di setiap rumah sakit soal betapa pentingnya penggunaan ASI ketimbang susu formula yang sudah nyata-nyata bertentangan dengan tujuan dan program kerja pihak Kementrian Kesehatan.

Sebagaimana diketahui, pimpinan Mercy Corps Maluku, Elpido Soplantila dan Pimpinan Mercy Corps Indonesia, Paul Jeffery yang didamping salah satu staf Mercy Corp Nus Soumokil hadir dan menyaksikan langsung jalannya kegiatan tersebut dari dekat.

Sebagai pimpinan Mercy Corps Indonesia, Paul Jeffry mengaku senang bisa datang ke Maluku dan melihat apa yang dikerjakan ibu-ibu motivator Kp-Ibu, sembari juga melihat sejumlah fisik bangunan yang dibantu pihak Mercy Corps di beberapa desa dan kelurahan berupa bantuan saluran air, sumur air dan rencana pemberian bangunan Posyandu di beberapa lokasi.

Dia berharap selalu terbangun kerjasama yang baik dari semua pihak terutama dari pihak pemerintah kabupaten/kota, terutama Dinas Kesehatan dan PKK termasuk pemerintah desa / kelurahan untuk dapat mendampingi KP-Ibu yang sudah dibentuk Mercy Corps terutama di Maluku Tengah dan Kota Ambon sehingga tujuan KP – Ibu yaitu semua anak bisa memperoleh ASI ekslusif dan gizi seimbang, bahkan semua Ibu dapat menyadari bahwa ASI adalah yang terbaik untuk buah hati mereka guna terlahir anak – anak Maluku yang cerdas tangguh dan berkarakter pemimpin untuk mewujudkan masa depan yang diharapkan.(N)
Daerah 3580668784583154215
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks