Dishub Maluku Pastikan Seluruh Angkutan Lebaran Layak | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Dishub Maluku Pastikan Seluruh Angkutan Lebaran Layak


AMBON - BERITA MALUKU.
Beberapa hari lagi, ibadah puasa Ramadan 2024 akan segera berakhir. Itu berarti sebentar lagi umat Muslim akan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.


Di Hari kemenangan itu tentunya menjadi moment bagi masyarakat berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat.


Selain kendaraan pribadi baik roda dua maupun empat, kebanyakan masyarakat juga memanfaatkan moda transportasi umum untuk mudik, salah satunya menghindari risiko kecelakaan saat dalam perjalanan.


Untuk transportasi umum di Maluku, Pemerintah Provinsi melalui Dinas Perhubungan bersama pemangku kebijakan terkait telah melakukan ramp check atau inspeksi keselamatan jalan bagi kendaraan angkutan umum dalam menyambut arus mudik Perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah.


Ramp check yang telah dilakukan sejak akhir Maret lalu dilakukan secara keseluruhan untuk semua moda transportasi, baik itu Armada angkutan kota dalam provinsi sebanyak 683 unit, Armada penyeberangan 27 kapal perintis, Angkutan laut Kapal yang beroperasi berjumlah 7 kapal tol laut, 10 kapal Pelni dan 19 kapal perintis. Armada udara terdapat 11 rute perintis, ke mudian ada 7 rute komersial untuk Lion Air, Wings Air dan Trigana.


"Kalau kapal itu 1 bulan sebelum itu di tanggal 26 Maret, kemudian angkutan kota dan provinsi  di tanggal 27-28 Maret, termasuk feri oleh BPTD dan Pesawat oleh Kementerian,"ujar Kepala Dinas Perhubungan Maluku, Muhammad Malawat dikonfirmasi, Sabtu (06/04/2024).


Dari hasil Ramp check, Malawat memastikan semua angkutan transportasi layak beroperasi.   


"Dari hasil Ramp check semua layak beroperasi, kalau tidak layak dia harus diperbaiki baru bisa beroperasi," tandasnya. 


Untuk mengawasi jalannya mudik lebaran, kata Malawat telah dikerahkan 105 personil, yang ditempati pada sejumlah posko, diantaranya  Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Terminal Tipe B Batu Merah, Pelabuhan Galala - Tulehu - Hunimua - Tahoku - Hitu dan Bandar Udara Pattimura.


"Kita berharap pelaksanaan mudik tahun berjalan dengan aman dan lancar, masyarakat juga dapat merayakan Idul Fitri dengan keluarga tercinta dengan penuh sukacita," harapnya.

Aneka 1060689385084532625
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks