Peringatan Hari Pattimura ke-205, Haji Pastikan Seluruh Kesiapan Penyelenggaraan Telah Siap | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Peringatan Hari Pattimura ke-205, Haji Pastikan Seluruh Kesiapan Penyelenggaraan Telah Siap


AMBON - BERITA MALUKU.
15 Mei merupakan hari bersejarah bagi rakyat Maluku, mengenang kembali nilai-nilai perjuangan Kapitan Pattimura.


Peringatan hari pahlawan Nasional asal Maluku tahun ini dipusatkan di dua tempat, Saparua-Kabupaten Maluku Tengah, dan kota Ambon. 


Seluruh persiapan telah dilakukan Pemerintah Provinsi Maluku. Dibuktikan dalam rapat melibatkan stakeholder terkait, baik dari Pemerintah Kota Ambon, Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah maupun TNI-Polri


Dari rapat koordinasi yang telah dilaksanakan dua kali di tanggal 28 April dan 9 Mei 2022, dipastikan seluruh kesiapan penyelenggaran Hari Pattimura baik di Kota Ambon maupun Saparua, Kabupaten Maluku Tengah telah siap.


"Sampai saat ini tidak ada masalah urgen, dari sisi kesiapan semua sudah ok," ungkap Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Provinsi Maluku, Haji Muhammad dikonfirmasi, Rabu (11/05/2022).


Dikatakan, dalam pelaksanaan peringatan hari Pattimura yang akan berlangsung di Kota Ambon, dan Saparua nantinya tetap dilakukan pembatasan dan keamanan serta ketertiban mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19. 


Prosesi upacara juga dilaksanakan sederhana seperti dua tahun sebelumnya secara khimat tanpa mengurangi nilai perjuangan sejarah kepahlawanan maupun semangat juang untuk diteruskan ke generasi muda di Maluku.


"Untuk pelaksanaan Saparua dikoordinasikan oleh Bupati dan Camat di Saparua. Sedangkan di Kota Ambon Pemerintah Provinsi hanya pelaksanaan ziarah di taman makam pahlawan dan upacara di Pattimura Park pada minggu 15 mei," tuturnya. 


Kata Haji, Peringatan Hari Pattimura ke-205 mengusung tema "Pattimura Muda Kreatif, Inspiratif Dan Inovatif Untuk Maluku Maju".


"Kreatif artinya orang-orang yang memiliki karya kreatif. Diharapkan apa yang telah dibuat Pattimura menjadi icon untuk generasi berikut. Inspiratif, orang-orang yang menjadi contoh teladan, bisa menjadi figur yang bisa meneladani sosok Pattimura. Sedangkan inovatif sejalan dengan upaya pemerintah baik masyarakat, birokrat diharapkan punya inovatif untuk mewujudkan Maluku maju," tuturnya.


Ambon 2910909741427474618
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks