Halimun Sahulatu Ingatkan Pemda Maluku Diminta Rubah Pola Perencanaan | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Halimun Sahulatu Ingatkan Pemda Maluku Diminta Rubah Pola Perencanaan


AMBON - BERITA MALUKU. Anggota Komisi II DPRD Maluku, Halimun Saulatu mengingatkab

Pemerintah Daerah (Pemda) Maluku untuk merubah pola perencanaan yang selama ini mengejar anggaran.

"Maksudnya perencanaan yang selama ini mengejar anggaran di waktu terakhir harus di rubah, sehingga serapan anggaran betul-betul maksimal," pinta
Anggota Komisi II DPRD Maluku, Halimun Sahulatu kepada wartawan di baileo rakyat, karang panjang, Ambon, Rabu (01/12/2021).

Dikatakan, dari pengalaman yang selama ini diikuti, serapan anggaran Pemda Maluku setiap enam bulan baru mencapai 30-35 persen, nanti di enam bulan kemudian barulah Pemda Maluku mengejar target.

Oleh karenanya, dalam setiap pembahasan ditingkat provinsi maupun badan anggaran (Banggar) harus merubah pola perencanaan,

"Semestinya tidak seperti itu, harusnya enam bulan awal sudah harus masuk 40-50 persen, karena biar bagaimanapun serapan anggaran berpengaruh terhadap kebijakan dan kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

Untuk itu, Halimun berharap apa yang disampaikannya dapat menjadi masukan untuk perencanaan di pemda Maluku lebih baik lagi kedepan.

Selain itu, wakil rakyat dari bumi Pahamanunusa ini juga meminta Pemda Maluku untuk memperkecil perjakanan dinas dari masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD). Sehingga kedeoan anggaran lebih banyak masuk kepada belanja yang bersentuhan dengan masyarakat.

"Ternyata saya melihat bahwa masih begitu banyak anggaran perjalanan dinas, walaupun memang fungsi provinsi adalah koordinasi, tapi kemudian bukan berarti kegiatan yang menekankan pada penurunan angka kemiskinan harus juga menjadi perhatian," pintanya.
Dewan 1985779528717966944
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks