Presiden Bakal Kunker di Maluku | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Presiden Bakal Kunker di Maluku


AMBON - BERITA MALUKU.
Presiden RI, Joko Widodo merencanakan melakukan kunjungan kerja di Maluku.


Hal ini disampaikan Gubernur, Murad Ismail disela-sela sambutannya pada pelantikan pengurus MPW dan DPW PKS Maluku di Ambon, Senin (22/02/2021).


Menurutnya, rencana kunjungan Presiden telah diagendakan minggu ketiga bulan ini, namun karena belum ada persiapan, makanya diundur.


"Mungkin dalam waktu yang tidak lama Presiden Joko Widodo akan berkunjung di Ambon, Maluku," ungkapnya. 


Kujungan orang nomor di negara ini, kata Gubernur untuk menijau lokasi pembangunan Ambon New Port, dan Pelabuhan Lumbung Ikan Nasional (LIN) terintegrasi yang berada antara Desa Waai-Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, dengan luas 700 hektar. 


Menurutnya, Ambon New Port akan menjadi pelabuhan terbesar peti Kemas di kawasan Indonesia Timur. Yang nantinya mengekspor ikan Tuna ke China, Korea, Jepang cuma naik keatas.


"Jadi kalau ikan di ekspor melalui Surabaya sampai Jepang memakan waktu 25 hari. Sedangkan dari Peti Kemas bertahan habya 20 hari," sebutnya.


"21 hari saja ikan yang tadi harga 100 dolar turun menjadi 10 dolar.Jadi kalau dari Maluku keatas paling lama 12 hari sudah sampai daerah tujuan, itupun kapasitas eksport diatas 80-100 ton," sambungnya.


Namun untuk 15-25 ton, kata Mantan Dankor Brimob Polri, di eskpor menggunakan pesawat Garuda menindaklanjuti MoU bersama Direktur utama Garuda.


"Hampir setiap hari ekspor Tuna ke Jepang. Jadi pertumbuhan ekonomi Maluku dalam masa Pandemi Covid-19 hanya 2 provinai yang tidak mengalami mines, salah satunya Maluku mengalami ples diatas 2 persen," tuturnya.

Headline 1733075644581062084
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks