Warga Tanimbar Diajak Tanggap Bencana Hadapi Cuaca Ekstrim | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Warga Tanimbar Diajak Tanggap Bencana Hadapi Cuaca Ekstrim

SAUMLAKI - BERITA MALUKU. Cuaca ekstrim yang melanda Kabupaten Kepulauan Tanimbar akhir-akhir ini yang terkadang disertai angin kencang sehingga sangat berpotensi naiknya gelombang laut yang dapat memicu terjadinya kecelakaan kapal-kapal nelayan maupun kapal penumpang saat melaut, membuat Satuan Brimob Kompi 3 Batalyon C Pelopor Polda Maluku selalu gencar melakukan Patroli Tanggap Bencana untuk mengimbau warga masyarakat agar selalu waspada dalam melakukan aktivitasnya di wilayah perairan Tanimbar.

Menyikapi keadaan cuaca ekstrim tersebut, melalui arahannya, Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Maluku, Komisaris Besar Polisi (KBP) Muhammad Guntur, S.I.K., M.H. mengatakan, dengan dilaksanakannya giat patroli dialogis ke desa-desa nelayan di daerah yang rawan bencana diharapkan masyarakat pesisir merasa aman dan nyaman dengan adanya Anggota Brimob yang selalu berada di tengah-tengah masyarakat.

Menindaklanjuti arahan Dansat tersebut, Personil Kompi 3 Batalyon C Pelopor Satuan Brimob Polda Maluku, melakukan langkah antisipasi agar lebih siap siaga dalam menghadapi bencana. Salah satunya dengan mengadakan Patroli SAR (tanggap bencana) yang dilaksanakan secara kontinu dan hari ini dilaksanakan pada pelabuhan Yos Sudarso, Kota Saumlaki, Kamis (23/07/2020).

Patroli Tanggap Bencana tersebut dilaksanakan dengan cara menyambangi masyarakat yang berada di pelabuhan serta memberikan imbauan keselamatan bagi para penumpang dan pemilik kendaraan motor laut agar selalu mempersiapkan alat-alat keselamatan berupa pelampung dan lainnya saat melakukan aktivitas di laut serta selalu memperhatikan keadaan cuaca sebelum berangkat dan melaut.

"Kegiatan patroli dialogis seperti ini akan kami terus laksanakan untuk membangun kesadaran masyarakat agar selalu menjaga keselamatan diri pada saat melaut karena cuaca saat ini sudah memasuki Musim penghujan. Kegiatan ini merupakan wujud Bhakti Brimob untuk masyarakat," ujar Komandan Kompi (Danki) 3 Yon C, IPTU. Abraham Thenu saat dimintai keterangannya.

Danki mengatakan, Satuannya akan selalu siap untuk memberikan pelayanan terbaik bagi warga masyarakat apabila terjadi bencana alam baik di darat maupun di laut. Hal itu lanjut Danki, adalah sesuai dengan perintah langsung dari Dansat Brimob Polda Maluku agar jajarannya selalu siap untuk digerakkan apabila dibutuhkan oleh Negara dan masyarakat. (ys)
Tanimbar 7459482285181290457
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks