Kapal Pesiar Pinisi Diamankan TNI AL Pasir Putih Pulau Buru | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Kapal Pesiar Pinisi Diamankan TNI AL Pasir Putih Pulau Buru

NAMROLE - BERITA MALUKU. Satu unit armada kapal pesiar pinisi yang membawa sejumlah turist mancanegara yang berada di perairan laut Pulau Buru, kini diamankan pihak TNI AL.

Informasi yang diterima media ini, Jumat (3/4/2020), kapal layar pesiar bernama KLM Jaya, kini sementara berada dalam pengamanan Petugas Pangkalan Utama TNI AL IX Posal, Pulau Buru.

Diketahui bahwa kapal ini sebelumnya bertolak dari Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menuju Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, namun sekembalinya tanggal 29 Maret lalu dari Kabupaten Raja Ampat kapal yang mengangkut tiga turist mancanegara asal Eropa ini mengalami kerusakan mesin di lautan perbatasan Kabupaten Buru Selatan.

Lantaran dicurigai, kemudian pihak TNI AL setempat langsung mendekati kapal itu, dan dilakukan upaya pengamanan oleh petugas Pangkalan Utama TNI AL IX Posal Pulau Buru pada Kamis 2 April 2020 kemarin.

KM Jaya memuat 12 Orang, 9 warga diantaranya warga negara Indonesia dan tiga warga lainya merupakan warga negara asing yang bertugas sebagai pemandu kapal.

Tiga warga asing masing-masing Salah Johana asal Finlandia, Nikole asal Swiss dan satu lainnya Daud Yosua Ricardo asal Inggris.

Komondan Pos TNI AL, Letkol Laut (KH) Mokhtar M. Lapola kepada wartawan, Jumat (3/4/2020) mengatakan, kapal pesiar ini diamankan pihaknya pada Pangkalan Pos TNI AL Pasir Putih.

Perwira menengah TNI AL ini mengaku kapal tersebut mengalami kerusakan pada bagian as mesin pada hari Kamis, dan jarak kerusakan kapal dari Pos TNI AL berkisar 20 mil.

“Dengan kejadian itu, kami dari Pos TNI AL bersama sejumlah warga Desa Pasir Putih, Kecamatan Kepala Madan, Buru Selatan mengambil langkah menggunakan motor pribadi GT 15 untuk menarik kapal pesiar yang berjarak 20 mil dalam waktu 4 jam. Kini kapal ini sementara diamankan pihak Pos TNI AL di Pangkalan Kami,” ujar perwira berpangkat dua melati ini.

Kendati demikian, kata dia, awak kapal tersebut, sementara ini belum diperiksa dokumen, karena menunggu tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan(GTPP) Covid-19 bersama pihak imigrasi dan Dinas Pariwisata dari Pemda Bursel yang sudah dilaporkan pihaknya.

Dikatakan, tim tersebut sementara menuju lokasi kapal pesiar dengan menggunakan speed boat ke Pos TNI AL tersebut untuk segera memeriksa warga asing dan lainnya, sekaligus dilanjutkan dengan penyemprotan anti virus corona atau Covid-19 di Desa Pasir Putih melibatkan TNI AL dan Polsek Kapala Madan.(AK/SW)
Daerah 213817503115270918
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks