Peringati HUT ke 70 KAVAD, Denkav 5/BLC Gelar Syukuran | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Peringati HUT ke 70 KAVAD, Denkav 5/BLC Gelar Syukuran

AMBON - BERITA MALUKU. Detasemen Kavaleri 5/Birgus Lactro Sakti menggelar syukuran dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Kavaleri TNI-AD ke 70 Tahun 2020 yang jatuh pada tanggal 9 Februari 2020, bertepatan dengan HUT Denkav 5/BlC ke-15. Acara itu dikemas dengan pembacaan doa dan pemotongan tumpeng oleh Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq, berlangsung di Mako Denkav 5/BLC, Kota Ambon, Minggu pagi (09/02/2020).

Pada kesempatan itu, Komandan Detasemen Kavaleri 5/BLC, Mayor Kav Bernadin Mohammad Abduh turut membacakan amanat Komandan Pusat Kesenjataan Kavaleri (Danpussenkav) Brigjen TNI Ana Supriatna.

Danpussenkav dalam amanatnya mengatakan, pada HUT Kavaleri TNI-AD  yang mengusung tema “ Profesinalisme dan Modernisasi Kavaleri Guna Mengawal NKR”, momentum HUT merupakan sebuah momentum yang tepat untuk merefleksikan diri guna menghadirkan semangat baru dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada Nusa dan Bangsa.

Lebih lanjut Danpussenkav menjelaskan, sejarah mencatat bahwa Kavaleri TNI-AD adalah korps yang lahir dari rahim perjuangan kemerdekaan NKRI, dimana semangat para pemuda saat itu untuk merampas dan memperbaiki Ranpur-Ranpur EX Jepang dan KNIL, yang kemudian digunakan untuk melawan kekuatan pasukan sekutu di beberapa wilayah Palagan, salah satunya Palagan Surabaya 10 November 1949. Kemudian pada 9 Februari 1950 dibentuklah “ Komando Pasukan Lapis Baja” yang kemudian berkembang menjadi Pussenkav Kodiklat TNI-AD.

“Pada momentum hari HUT kavaleri TNI-AD ke-70 ini, sebagai Danpussenkav sekaligus mewakili seluruh prajurit Kavaleri TNI-AD, Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pangdam XVI/Pattimura, Atasan, Senior, dan Prajurit Kavaleri beserta keluarga yang telah banyak menaruh perhatian terhadap kemajuan dan pengembangan Kavaleri TNI-AD sehingga Kavaleri TNI-AD saat ini mampu menjajarkan diri sebagai “World  Class Armor Coprs Army”, ujar Danpussenkav.

Pangdam XVI/Pattimura juga berkesempatan memberikan sambutan, yang inti sambutannya mengatakan, sudah sepatutnya sebagai Prajurit Korps Baret Hitam, mampu menunjukkan profesinalisme sebagai Prajurit Kavaleri TNI-AD karena Negara dan Pimpinan TNI-AD telah mendukung berbagai Alutsista berteknologi tinggi seperti yang saat ini kita awaki. Mari kita rawat, pelajari dan kuasai secara maksimal dalam rangka melaksanakan tugas pokok yang kita emban, sesuai dengan semboyan “ Jaya Dimasa Perang Berguna Dimasa Damai”.

Disela-sela acara juga ada penyerahan hadiah juara Pekan Olah Raga Detasemen (Porden). Acara syukuran juga dimeriahkan dengan Paduan Suara Ibu Persit Denkav 5/BLC, pembacaan puisi, penampilan drama kolosal, penampilan dance, pertunjukan silat PSHT, panggung hiburan Band Denkav 5/BLC hingga artis Ibu Kota.

Sebagai Informasi, Denkav 5/Blc telah  menggelar berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT Kavad ke 70. Mulai dari Pekan Olah Raga Detasemen (Porden) seperti perlombaan Bulu Tangkis, Tenis Meja, Sepak Takraw, Bola Volly, Futsal, Estafet Ban, Lomba memasak bagi Ibu-ibu Persit, Ziarah Makam Pahlawan, Baksos ke Panti Asuhan Al-Madinah dan Panti Jompo Inna Kaka.

Turut hadir pada kegiatan tersebut PA Ahli Hukum dan Humaniter Kodam XVI/Pattimura Kolonel Kav Beni Nugroho, Dandim 1504/Ambon Kolonel Kav Cecep Tendi Sutandi, Para Asisten Kasdam XVI/Pattimura, Pamen dan Perwira Korps Kavaleri. (Pendam16)

TNI-Polri 6236845342906429174
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks