Danlantamal IX Lepas Penerbangan Pesawat Udara TNI AL SAR KLM. Panji Saputra | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Danlantamal IX Lepas Penerbangan Pesawat Udara TNI AL SAR KLM. Panji Saputra

AMBON - BERITA MALUKU. Komandan Lantamal IX Ambon Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto. S.T.,M.M. beserta seluruh jajaran terkait melepas TIM SAR Pesud CN-235 P-8302 AL milik TNI AL dengan Pilot Capt. Pilot Mayor Laut (P) Iwan Purwanto, dengan 7 orang crew di Bandara VVIP Pemda Pattimura dalam rangka pencarian KLM Panji Saputra  yang hilang kontak dalam perjalanan dari Kota Ambon menuju Saumlaki - Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Moa – Kabupaten Maluku Barat Daya, Senin (20/01/20).

Terkait hilangnya kontak KLM Panji Saputra semenjak pelayarannya tgl 7 Januari dari pelabuhan rakyat Yos Sudarso Ambon dan perkiraan tiba empat hari pelayaran tgl 11 Januari 2020 di Saumlaki, hingga diperoleh laporan sampai saat ini belum juga diketahui posisi keberadaannya, menindak lanjuti kejadian tsb Komandan Lantamal IX beserta jajaran kemaritiman bersinergi melakukan SAR pencarian, namun hingga saat ini posisi KLM Panji Saputra belum berhasil ditemukan kegiatan SAR ini merupakan bagian dari tugas TNI yaitu Operasi Militer Selain Perang (OMSP) membantu masyarakat melakukan pencarian dan pertolongan dalam musibah kecelakaan dilaut (search and rescue/SAR).

Saat ini juga satu Pesawat udara dari Patroli Maritim Armada III Sorong telah bergerak menuju wilayah Kepulauan Tanimbar untuk melaksanakan pencarian dari udara sehingga area pemcarian lebih luas, efektif dan efisien. Pesawat CN 235 / A- 2307 dengan pilot Kapten Pnb Denta juga sudah terbang dari Biak menuju Dobo - Tual - Samlaki - Bandara Patimura Ambon. Jajaran Unsur Kamla terkait diantaranya Lanal samlaki telah mengerahkan  KAL Nustual, Lantamal IX mengerahkan KAL Hutumuri, Basarnas KN Abimanyu, Kapal ADRI dan Kapal Polairud tanjung Alang.

Sesuai SOP Basarnas melaksanakan pencarian selama tujuh hari namun hingga waktu yang ditentukan  belum juga ditemukan maka di lakukan operasi SAR, apabila dalam waktu tambahan belum juga ditemukan maka operasi akan di tutup tetapi pencarian tetap di lakukan. Pemapelan terhadap kapal-kapal yang melintas di lokasi kejadian juga telah dilaksanakan, apabila menemukan tanda tanda KLM Panji Saputra agar segera malaporkan kepada SAR Gabungan.

Hadir dalam pelepasan TIM SAR KLM Panji Saputra Danlantamal IX Laksma TNI Budi Purwanto. S.T.,M.M., Danguspurla Koarmada III Laksma TNI Rudi Aviantara, Ka Zona Maritim Timur Laksma Bakamla Arif Sumartono, Danlanud Pattimura Kolonel PNB. Sapuan. S.sos.,M.m. , Danrem 151/BNY Kolonel Inf Hartono. Sip, Asintel Kasdam XVI/ PTM,  Asrena, Asintel, dan Asops Danlantamal IX, Kapendam XVI/PTM, Asintel Guspurla Koarmada III, Kakansar Ambon Bpk. Muslimin, Kadisops Lanud Pattimura Letkol Lek Maxce L, Wadirpolairud Polda Maluku AKBP Sigit Nurohman Hidayat. (DISPEN LANTAMAL IX).
TNI-Polri 1289440805521472372
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks