Tim Evakuasi Medis Lantamal IX Berikan Pelatihan Kepada Mahasiswa Enhena Halut | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Tim Evakuasi Medis Lantamal IX Berikan Pelatihan Kepada Mahasiswa Enhena Halut

AMBON - BERITA MALUKU. Tim Evakuasi Medis Laut (EML) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon melatih 18 orang Mahasiswa Program Strata (S1) Keperawatan Universitas Hein Namotemo (Unhena) Halmahera Utara (Halut), provinsi Maluku Utara selam dasar, kegiatan dilaksanakan di perairan belakang gedung Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Fasharkan) Lantamal IX, selaku instruktur selam Serma Samsul, Rabu (02/10/2019).

Latihan selam dasar bertujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan kemampuan dasar dalam penggunaan peralatan selam untuk aktivitas snorkeling dan penyelaman scuba secara aman dan benar di lingkungan perairan terbuka.

Para mahasiswa diajarkan untuk mengatur posisi badan saat penyelaman karena sangat mempengaruhi daya apung di dalam air, di samping pergerakan kaki dan tangan dilakukan secara benar sehingga menghasilkan tenaga yang kuat dan tidak cepat lelah.

Selain itu, hal yang terpenting saat menyelam yakni jangan menahan nafas selama berada di bawah air, secara tidak sadar kita menahan sedikit nafas saat menghembuskan udara lewat mulut. Hal itu sangat berbahaya karena bisa menimbulkan kecelakaan pada paru-paru.

Pelatihan selam dasar merupakan bagian dari praktek klinik dengan materi tentang bahari, maritim dan kejiwaan di Lantamal Ambon dan Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Provinsi Maluku selama sepekan. (DISPEN LANTAMAL IX)
TNI-Polri 6518776069758119596
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks