Balon Calkada Bursel Ambil Formulir Pendaftaran di Nasdem dan PAN | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Balon Calkada Bursel Ambil Formulir Pendaftaran di Nasdem dan PAN

NAMROLE - BERITA MALUKU. Banyak bakal calon (Balon) Kepala Daerah (Calkada), baik Calon Bupati maupun Calon Wakil Bupati Buru Selatan (Bursel) yang berminat perebutkan Rekomendasi mengambil formulir pada Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Hal itu terbukti dengan banyaknya Calkada yang mengambil formulir pendaftaran di kedua partai itu ketika penjaringan baru dibuka pada hari pertama, Senin (14/10).

Di Partai Nasdem yang mengusung politik tanpa mahar tercatat sebanyak 13 Calkada yang telah mengambil formulir pendaftaran, baik itu yang datang langsung maupun diwakilkan ke Tim mereka.

Para Calkada yang telah mengambil formulir pendaftaran itu terdiri dari pasangan bachtiar La Galeb (Calon Bupati) dan Sami Latbual (Calon Wakil Bupati) alias BISA diwakili oleh M. Nasir Huath dan Muhammad Ichan Laisouw.

Sedangkan pasangan Elisa F Lesnussa (Calon Bupati) dan Muhammad Nasir Solissa (Calon Wakil Bupati) pun turut mengambil formulir. Untuk Elisa diwakili oleh Hamis Wailung dan Nasir diwakili oleh Alberth Polnaya.

Selanjutnya pasangan M. Amir Faisal Souwakil (Calon Bupati) dan Saul Tasane (Calon Wakil Bupati) alias SOLTAN. Keduanya datang sendiri tanpa perwakilan timnya mengambil formulir pendaftaran dengan didampingi beberapa pendukungnya.

Selain itu, pasangan Syahroel E Pawa (Calon Bupati) dan Alfons Lesnussa (Calon Wakil Bupati) alias SAH ALE diwakili oleh timnya Syukur Ngedihu. Calon Bupati Masrudin Solissa diwakili oleh Muhlis Mahtelu. Sementara itu, Calon Wakil Bupati Yohanis Lesnussa diwakili oleh Tresye Seleky.

Sementara Calon Wakil Bupati Frans Nicolas T Kuara terlihat datang sendiri mengambil formulir. Sedangkan Calon Bupati Hadji Ali diwakili oleh H Rahman dan Calon Bupati AM Laitupa diwakili oleh Nahwan Souwakil.

Ketua Tim Penjaringan DPD Partai Nasdem Kabupaten Bursel Safi Onoly yang didampingi Sekretaris Tim Penjaringan, Balitman Latbual dan Bendahara Tim Jumra Sigmarlatu kepada wartawan, mengaku bahwa selain belasan Calkada itu, ada sejumlah Calkada juga yang telah mengkonfirmasi pihaknya untuk mengambil formulir pendaftaran hari Selasa (15/10).

“Selain Calkada yang sudah datang memngambil formulir ini. Ada sejumlah Calkada yang sudah konfirmasi akan ambil formulir besok (hari ini-red), yakni Sahlan Tomia, Muhammad Mukaddar,Abdurahman Solissa dan Safitri Malik Soulisa. Tetapi apakah besok mereka akan datang ambil formulir, kita lihat saja besok,” jelas Safi.

Lnjut Safi, ada sejumlah Calkada juga yang belum mengkonfirmasi pihaknya kapan akan datang mengambil formulir pendaftaran.

“Kemungkinan tidak hanya itu, sebab ada sejumlah Calkada juga yang belum konfirmasi kapan akan datang mengambil formulir, diantaranya Pak Zainudin Booy, Pa La Hamidi dan Pa Jawali Laitupa,” ungkapnya.

Tidak hanya di Partai Nasdem, ternyata Partai PAN juga turut diserbu oleh para Calkada di hari pertama penjaringan, Senin (14/10).

Tercatat ada delapan Calkada yang datang mengambil formulir pendaftaran, yakni Bactiar La Galeb sebagai Calon Bupati diwakili oleh Muhammad Ichan Laisouw dan Calon Wakil Bupatinya Sami Latbual diwakili Hamsa Lesbassa.

Kemudian Elisa F Lesnussa selaku Calon Bupati diwakili oleh Max Lesnussa dan Muhammad Nasir Solissa yang kabarnya akan menjadi Calon Wakil Bupati bagi Elisa diwakili oleh Alberth Polnaya.
Selanjutnya, Amir Faisal Souwakil selaku Calon Bupati diwakili oleh Samsul B. Souwakil dan AM Laitupa selaku Calon Bupati diwakili oleh Daud Rumra.

Selain itu, ada juga Abdurahman Soulisa selaku Calon Bupati yang diwakili oleh Bambang Walsulu dan Frans Nicolas F. Kuara selaku Calon Wakil Bupati yang datang sendiri mengambil formulir pendaftaran.

Ketua Tim Penjaringan DPD PAN Kabupaten Bursel Ibrahim Solissa yang didampingi Sekretaris Tim Penjaringan Ujianudin Temarwut serta anggota Tim Penjaringan Hanafi Mony kepaxda wartawan di Sekretariat Tim Penjaringan di Desa Labuang, Senin (14/10) sore mengaku bahwa selain para Calkada yang telah mengambil formulir pendaftaran. Ada juga sejumlah Calkada yang belum datang mengambil formulir pendaftaran.

“Di hari pertama penjaringan ini ada delapan oorang Calkada yang datang mengambil formulir. Ada yang datang sendiri dan ada yang diwakili. Kemungkinan besok (hari ini-red) aka nada sejumlah Calkada lagi yang akan datang mengambil formulir pendaftaran. Kami perkirakan aka nada sekitar 15 Calkada yang akan ambil formulir pendaftaran,” ucapnya.

Ia pun mengaku bahwa tak hanya Partai Nasdem yang mengusung politik tanpa mahar alias pendaftaran gratis, tetapi PAN pun telah diinstruksikan untuk melakukan penjaringan secara gratis alias tanpa mahar.

“Jadi proses penjaringan ini semuanya gratis berdasarkan instruksi pimpinan partai di atas. Jadi, tidak ada mahar,” tuturnya. (AZMI)
Daerah 7415879596406414140
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang