Tahap Awal, Kemensos Kucurkan Rp1,3 Miliar Bantu Korban Gempa di Maluku | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Tahap Awal, Kemensos Kucurkan Rp1,3 Miliar Bantu Korban Gempa di Maluku

AMBON - BERITA MALUKU. Kementerian Sosial mengucurkan dana Rp1,3 Miliar untuk membantu korban Gempa di Ambon.

Bantuan tersebut diserahkan langsung Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita, kepada Pemerintah daerah Provinsi Maluku, yang diteriman Kepala Dinas Sosial, Sartono Pining, saat meninjau pengungsi di lapangan Hatukau, Galunggug, Ambon, Senin (30/09).

Bantuan yang diserahkan berupa logistik, paket makanan, tenda gulung, pakaian, santunan kepada korban meninggal dan masyarakat yang toko maupun warung yang rusak akibat Gempa.

Sebelum menyerahkan bantuan yang turut didampinggi, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, Menteri menyempatkan bertemu anak-anak di tenda pengungsian, serta meninjau pokso kesehatan dan tenda makanan dari Tagana.

Kepada awak media, Menteri mengungkapkan bantuan tersebut merupakan tahap awal.

Untuk itu, dirinya berpsan kepada Pemda, jika bantuan yang diberikan ini dirasa belum cukup, pemerintah pusat akan siap membantu, untuk menyalurkan bantuan tahap kedua.

Kepada masyarakat, orang nomor satu di Kemensos ini berpesan kepada masyarakat Ambon, Maluku Tengah maupun Seram Bagian Barat, jika ada yang belum mendapatkan bantuan, segera laporkan.

"Jika ada masyarakat yang belum mendapatkan bantuan segera laporkan kepada kami, untuk segera ditindaklanjuti," pintanya.

Lebih lanjut dikatakan, kepedulian yang diberikan pemerintah pusat ini, merupakan bukti perhatian Presiden, Joko Widodo terhadap bencana yang terjadi di Maluku.

"Saya datang atas perintah bapak Presiden yang memberikan perhatian terhadap bencana di Maluku, dibuktikan dengan penyaluran bantuan kepada warga yang terdampak Gempa khususnya," pungkasnya.

Tak hanya itu, Menteri mengungkapkan, berdasarkan pengamanatan dan pandangan ahli, kemugkinan terjadi kembali bencana di Maluku sangat kecil.

Untuk itu, dirinya meminta kepada pengungsi yang rumahnya tidak mengalami kerusakan, untuk kembali ke rumahnya masing-masing mengingat kondisi Maluku, sudah aman.

"Melihat kondisi yang ada saat ini, saya kira mereka sudah bisa kembali kerumahnya masing-masing untuk berbenah, sehingga kehidupan bisa pulih kembali sebelum terjadi bencana," cetusnya.

Untuk Diketahui, selain meninjau korban maupun pengungsi yang ada di lapangan Hatukau, Galunggung, Menteri juga meninjau korban Gempa yang ada di RSUD M Haulussy, Kudamati, Ambon.

Headline 2509051162667702956
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang