Partai Koalisi, Kekosongan Wakil Bupati Bursel Secepatnya Diisi | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Partai Koalisi, Kekosongan Wakil Bupati Bursel Secepatnya Diisi

NAMROLE - BERITA MALUKU. Partai Koalisi, Senin (23/9) akan melakukan rapat terakhir untuk menentukan 2 (dua) nama calon Wakil Bupati untuk diserahkan ke Bupati untuk kemudian dilakukan pemilihan dalam Rapat Paripurna DPRD.

Diketahui, saat ini untuk jabatan Wakil Bupati Buru Selatan sedang kosong, hanya dijabat oleh Bupati yakni Tagop Sudarsono Soulisa.

Nama-nama calon Wakil Bupati yang diusulkan oleh partai-partai koalisi yakni, Haji Ali diusulkan dari PAN, Zainudin Booy diusulkan dari partai Golkar, dari partai Hanura usulkan Alfred Lwsbatta. Sedangkan dari Partai Demokrat belum ada kejelasan. Dan dari PDI Perjuangan sesuai bocoran akan mengusulkan Julianus Seleky.

Ketua Inisiator Partai Koalisi, Arwa Waris mengatakan, terkait dengan kekosongan Wakil Bupati Buru Selatan, oleh Bupati Tagop Soulisa suda mengeluarkan informasi agar secepatnya kekosongan wakil Bupati diisi.

"Karena beliau (bupati) juga kan, sendiri. Jadi, arahan dari bupati secepatnya," ujar Arwa Waris yang juga anggota DPRD Buru Selatan dari PKB.

Namun kata Arwa Waris, suda kurang lebih 5 (lima) kali partai koalisi melakukan pertenuan, tetapi belum ada satu kata sepakatan untuk mengeluarkan 2 (dua) orang calon untuk diserahkan ke Bupati.

"Namun sampai saat ini, itu, ada beberapa rekomendasi dari partai pengusung itu belum dimasukan," ujarnya.

Sebutnya, diantaranya itu yang pihaknya masih menungguh itu adalah Partai Demokrat (PD) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

"Tadi saya kontak PDIP pak Madoli, mereka suda, rekomendasi sehari-dua ini suda keluar," ujarnya.

Dikatakan lanjut bahwa dirinya telah mengontak teman-temannya sesama partai untuk hari Senin nanti (23/9) untuk adakan rapat terakhir.

"Apapun resikonya, siapa yang tidak memasukan rekomendasi, berarti kita tidak menungguh," tandasnya tegas.

Seluruh rekomendasi, kalau tidak ada kata kesepakatan didalam koalisi, berarti seluruh rekomendasi akan disampaikan ke bupati.

"Nanti pak bupati yang memilih antara dua nama (yang diuaulkan) itu. Kemudian pak bupati yang akan menurunkan ke DPRD untuk diadakan pemilihan, paripurna pemilihan wakil bupati, kekosongan wakil bupati itu," jelas Arwa Waris.

Bocoran nama-nama calon yang suda ada di koalis jelas Arwa Waris, masing-masing partai merekomendasikan calonnya dari internal partai, terkecuali Partai Amanah Nasional (PAN).

"PAN itu merekomendasikan ke pak Haji Ali. Sedangkan seperti Partai Hanura, dan partai lain masing-masing mereka merekomendasikan orangnya masing-masing," ujarnya.

Lanjutnya lagi menegaskan bahwa terkecuali PAN, PKPI dan PBB merekomenaldasikan orang lain. Namun kata Arwa Waris, PKPI dan PBB belum memasukan rekomendasi.

"Tetapi suda ada bocoran untuk PAN itu ke Haji Ali. Rekomendasi langsung dari DPP," katanya.

Masih Arwa Waris, bagi rekomendasi yang suda masuk itu dari Golkar yaitu Jainudin Booy, PPP Masrudin Solissa dan Alfred Lesbtta dari partai Hanura.

Sebutnya selaku ketua inisiator partai koalisi untuk memilih wakil bupati yang saat ini kosong, pihaknya belum dapat menentukan siapa yang nantinya menjadi calon wakil bupati.

Ketegasnya bahwa, pada tanggal 18 September kemarin pihaknya suda memutuskan final bahwa, bagi yang tidak memasukan/ajukan rekomendasi berarti tidak bersedia mencakonkan kandidatnya, tetapi berhak untuk memilih di paripurna DPRD nanti.

"Sampai saat ini kan, ada beberapa partai yang belum memasukan rekomendasinya. Karena menunggu, karena rekomendasinya dari DPP, seperti Partai Demokrat dan PDI-P.

Jelas Arwa Waris untuk PD belum jelas rekomendasinya. Dikatakan, menurut Gerson Selsily selaku ketua DPC Buru Selatan katanya belum jelas.

"Kalau PDI P suda ada bocoran, bahwa ke pak Nus Seleky. Yang katong tunggu ini Demokrat belum ada informasi," ujar Arwa Waris.(AZMI)
Daerah 1798233731752122437
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks