Koarmada III Melalui Lantamal IX Salurkan Bantuan Peduli Korban Gempa Pulau Ambon | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Koarmada III Melalui Lantamal IX Salurkan Bantuan Peduli Korban Gempa Pulau Ambon

AMBON - BERITA MALUKU. Komando Armada (Koarmada) III Sorong melalui Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX Ambon menyalurkan bantuan Peduli Korban Bencana Gempa Pulau Ambon untuk warga Desa Tial Kec. Salahutu Kab. Malteng, pada Minggu kemarin (29/09/2019).

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama (Laksma) TNI Budi Purwanto, S.T., M.M., didampingi Ketua Korcab IX Daerah Jalasenastri Armada III Ny. Budi Purwanto diberikan kepada Bapak Raja Tial Salim Rolobessy di tenda pengungsian di gunung Jumaat Desa Tial, Salahutu pada ketinggian sekitar 110 meter dari permukaan air laut dan ditempuh dengan jalan kaki melalui jalan setapak selama 20 menit.

Komandan Lantamal IX dalam sambutannya di depan warga menyampaikan bahwa penyaluran bantuan tersebut merupakan kepedulian Koarmada III Sorong dan Lantamal IX Ambon untuk meringankan beban masyarakat korban bencana gempa Ambon, selain dinegeri Tial bantuan juga diberikan kepada masyarakat di Desa Kairatu Seram Bagian Barat (SBB) Pulau Seram.

“Diharapkan bantuan ini dapat bermanfaat bagi saudara kita yang terkena musibah gempa. Semoga musibah ini cepat berlalu dan kondisi rumah yang rusak akibat gempa dapat cepat diperbaiki dan bisa beraktifitas seperti biasa, umumnya warga yang mengungsi sebagian kecil rumah tinggalnya mengalami kerusakan akibat gempa. Mereka trauma dan takut akan adanya gempa susulan serta berita bohong/ Hoax bahwa akan terjadi tsunami”, ujarnya.

Sebelum menuju tenda pengungsian warga, Komandan Lantamal IX beserta Ketua Korcab IX DJA III meninjau langsung perumahan, tempat ibadah dan gedung sekolahan yang terkena dampak gempa pulau ambon, peninjauan kelokasi pengungsian kondisi cukup memprihatinkan akibat dampak gempa bermaknitudo 6,5 SR yang menguncang Pulau Ambon.

Masyarakat negeri Tial yang terdampak dari gempa tersebut, mengucapkan terimakasih atas partisipasi, kepedulian dan perhatian dari Komandan serta seluruh prajurit dan Ketua Korcab IX DJA III beserta seluruh pengurus yang mendampingi bapak - bapaknya, dengan kunjungan tersebut warga dipengungsian merasa senang karena mendapat bantuan dan meringankan beban mereka, ada sebanyak 785 KK dan 3.768 orang pengungsi korban bencana gempa pulau Ambon Maluku yang berada di tenda pengungsian di Gunung Jumaat Desa Tial, Salahutu, Maluku Tengah.

Turut mendampingi Komandan Lantamal IX dalam peninjauan, Asops Danlantamal IX Kolonel Laut (P) Elmondo Samuel Sianipar, Aspers Danlantamal IX Kolonel Laut (S) Dede Suhendrawan, Dansatrol Lantamal IX Kolonel Laut (P) Bambang Wasito, Aslog Danlantamal IX Letkol Laut (S) Trianggo Budhi Sukarso, Danyonmarhanlan IX Mayor Marinir Edwin Sinae, Perwira Staf, Ketua Korcab IX Daerah Jalasenastri Armada III beserta pengurus, Babinsa Sertu Ali Tuarita dan Bhabinkamtibmas Bripka S. Tomadehe negeri Tial Salahutu. (DISPEN LANTAMAL IX)

TNI-Polri 4661940452422879225
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang