Bupati Aru Selamatkan Nyawa Penumpang Sakit Jantung di Pesawat | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Bupati Aru Selamatkan Nyawa Penumpang Sakit Jantung di Pesawat

DOBO - BERITA MALUKU. Bupati Aru, Johan Gonga menyelamatkan salah satu penumpang yang terserang penyakit jantung di pesawat Lion Air.

Informasi yang diterima media ini dari Ajudan Bupati Aru, Bambang Septiawan melalui pesan WA-nya, Selasa (3/9/2019) siang tadi menyebutkan, Bupati Johan Gonga yang juga berprofesi sebagai dokter, ketika mengikuti salah satu kegiatan di Pulau Bali, dengan menumpangi pesawat Lion Air JT 7045 pada pukul 17.20 wita dari bandar udara Ujung Pandang tujuan Denpasar - Bali. Namun dalam perjalanan menuju Denpasar, salah satu penumpang wanita setengah baya tiba-tiba mengalami serangan jantung hingga tak sadarkan diri dengan kondisi mengalami kejang–kejang, dan mulut wanita yang belum diketahui identitasnya itu mengeluarkan busa dari mulut.

"Seketika penumpang disekitar wanita ini panik, begitu pula pramugari yang datang menyaksikan kondisi wanita malang tersebut juga ikut panik dan tak bisa berbuat banyak. Akhirnya, diberitahukan kepada pilot dan langsung diumumkan kepada penumpang agar tidak panik menyikapi kondisi tersebut," jelas Bambang.

Dijelaskan, ketika itu pihak pilot dan pramugari meminta bila ada yang berprofesi sebagai dokter atau tenaga medis agar dapat membantu menyelamatkan kondisi kesehatan penumpang yang terkena serangan jantung.

Dengan sigap Pak Bupati yang berlatar belakang seorang dokter langsung melakukan pertolongan pertama pada pasien dengan perlatan P3K seadanya di dalam pesawat, dengan tindakan pemeriksaan denyut nadi dan pemasangan oksigen dan lainnya.

"Spontan, Bupati Aru yang juga pernah menjadi Kepala Rumah Sakit Aru dan juga mantan Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Aru, langsung bergerak cepat dari tempat duduknya dan menagani kondisi wanita itu hingga nyawa penumpang itu bisa terselamatkan, dan setelah itu ditangani lebih lanjut di rumah sakit ketika pesawat Lion Air mendarat di Bandar Udara Bali," ungkapnya.

"Alhamdulilah pasien ini bisa tertolong sampai pesawat landing di Denpasar - Bali, dan langsung dievakuasi dengan mengunakan ambulance bandara dan dibawa ke rumah sakit terdekat. Nama perempuan ini belum kita ketahui karena dalam kondisi mendadak dan dia belum sadarkan diri,” tandas ajudan Bupati Aru. (Iman)
Peristiwa 9181441062261943587
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang