Mendukung Desa Sejahtera Mandiri, Dinsos Perkuat Pusat-Pusat Kesejahteraan Sosial | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Mendukung Desa Sejahtera Mandiri, Dinsos Perkuat Pusat-Pusat Kesejahteraan Sosial

Sartono Pining
AMBON - BERITA MALUKU. Guna mendukung desa sejahtera mandiri yang tersebar di 11 kabupaten/kota, yang digagas Dinas Pemberdayaan Masyarakat - Pemerintah Desa, Provinsi Maluku, maka Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Maluku akan memperkuat pusat-pusat kesejahteraan sosial.

"Ini adalah suatu kemajuan, kita berharap nantinya di tahun-tahun depan kita akan melakukan perluasan dari sistim ini, kemudian nanti pada tingkat desa ini, kita perkuat dengan pusat- pusat kesejahteraan sosial," ujar Kepala Dinas Sosial Provinsi Maluku, Sartono Pining kepada awak media di Santika Hotel, Rabu (07/08).

Dalam pelaksanaan dilapangan, pihaknya akan menyesuaikan dengan spot-spot penetapan desa mandiri. Hal ini dimaksudkan agar implementasi program dilapangan bisa sinkron bersama, baik itu dari DPM-PD maupun Dinsos.

"Sehingga kita bisa secara bersama sama untuk implementasinya," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, berdasarkan survey, uji kelayakan dan juga sensus yang dilakukan oleh tim terpadu Badan Pusat Statistik (BPS), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan tim teknis lainnya, menetapkan 11 desa di Provinsi Maluku yang ditunjuk dan dinaikan statusnya menjadi desa percontohan Sejahtera Mandiri, sesuai SK bupati/walikota.

Penetapan dan penunjukan desa sejahtera mandiri ini, berdasarkan indikator peningkatan sosial (pendidikan dan kesehatan), ekonomi dan akses penunjang lainnya.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat - Pemerintah Desa, Provinsi Maluku, Rusdi Ambon, pekan kemarin.

Dirinya berharap, program yang direncanakan terlaksana di tahun 2020 ini bisa membantu desa keluar dari kemiskinan.

"Desa-desa yang ditetapkan tersebut nantinya akan menjadi model baik kabupaten/kota maupun provinsi," cetusnya.

Untuk diketahui, desa sejahtera mandir yang ditetapkan sesuai SK Bupati/Walikota, yakni Kota Ambon di Desa Latuhalat, Kota Tual di Desa Dullah, Kabupaten Buru di Waenetat, Kabupaten Buru Selatan di Desa Waimasing, Kabupaten Maluku Tengah di Desa Hitu lama, kabupaten Maluku Tenggara di Desa Ngilgof, Kabupaten Kepulauan Tanimbar Di Desa Lorolun, Kabupaten Maluku Barat Daya di Desa Latoda, Kabupaten Kepulauan Aru di Wokam, Kabupaten Seram Bagian Baray di desa Waihatu, Kabupaten Seram Bagian Timur di desa sesar.

Pemprov 4056657115486811393
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks