125 CPNS Pemkab MBD Ikut Pelatihan Dasar | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

125 CPNS Pemkab MBD Ikut Pelatihan Dasar

AMBOM - BERITA MALUKU. 125 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lingkup pemerintah kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) mengikuti pelatihan dasar CPNS Golongan III angkatan III.

Pelatihan dasar yang berlangsung di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Maluku ini, mulai dari tanggal 13 Mei - 7 Juli 2019.

Wakil Gubernur, Barnabas Orno dalam sambutannya mengatakan, pelatihan dasar yang dilaksanakan untuk membentuk karakter dan komptensi bidang teknis dari masing-masing CPNS.

Menurutnya, menjadi PNS di Kabupaten MBD, maka harus mengenal secara dalam karakteristik daerah, mulai dari pulau Marsela matahari terbit sampai Lirang matahari terbenan dan dari sebelah utara pulau damer sampai selatan pulau Luang.

"Olehnya itu, dalam pra jabatan ini mesti ilmu yang dibrikan cenderung ke muatan lokal yaitu filosofi atau karakteristik daerah, sehingga dia mengenal daerah yang nantinya menjadi tugas pengabdiannya. Untuk itu, baik itu anak asli daerah maupun yang dari luar MBD harus menyesuaikan dengan budaya dan adat istiadat di MBD," ujarnya.

Setelah mengikuti pra jabatan, kata Mantan Bupati MBD ini, 124 orang akan menjadi PNS dan mendapat gaji 100 persen. Dalam perjalanannya pasti salah satu akan menjadi pejabat. Untuk itu, dalam perencanaannya program harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat, bukan hanya nuansa proyek.

"Jangan hanya ingin mendapat keuntungan sedikit, akhirnya kebijakan yang turun tidak pernah menyelesaikan persoalan. Lalu karena orang Kisar, dalam perencanaan hanya di fokuskan di Kisar, melainkan perencanaan yang disusun harus merata di seluruh daerah di Bumi Kalwedo," pintanya.

Sementara itu, Kepala BPSDM Provinsi Maluku, Suriyadi Sembirin dalam laporannya mengatakan, dalam pelatihan dasar ini diikuti 125 CPNS, dimana 124 CPNS dari Kabupaten MBD, dan 1 CPNS dari Kabupaten Maluku Tengah.

Tujuan dari pelatihan dasar ini, jelasnya untuk membentuk PNS yang profesional dan berkarakter, yaitu PNS dibentuk oleh sikap, perilaku bela negara, nilai-nilai dasar PNS dan pengetahuan tentang kedudukan dan peran di dalam mengayom NKRI serta menguasai bidang tugas sehingga mampu melaksanakan tugas dan peran yang lebih profesional sebagai pelayanan kepada masyarakat.

"Ingat, Kalian disiapkan untuk menjadi pelayan kepada masyarakat, untuk itu setelah selesai dari sini dan kembali ke daerah dapat menjalankan tugas dan tanggungjawab dengan baik, untuk kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah," pintanya.
Pemprov 1553756713288029188
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang