Pantau Pemilu, Forkopimda Tinjau Sejumlah TPS | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pantau Pemilu, Forkopimda Tinjau Sejumlah TPS

AMBON  - BERITA MALUKU.  Untuk memastikan pelaksaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak berjalan lancar, aman dan baik, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) meninjau sejumlah Tempat Pengumutan Suara (TPS) di kota Ambon, yakni TPS 3 di SD Teladan, Air Salobat, TPS 7 & 8 Waihaong, TPS 1 Karpan, TPS 10 di SMP Negeri 6 Ambon, TPS 36 Batu Merah, TPS 2 Wayame, TPS 1 Tihu, TPS 3 Poka, TPS 29 Passo.

Pantauan Pemilu ini dipimpin pelaksana harian (Plh) Gubernur Maluku, Hamin Bin Thahir. Turut hadir Pangdam XIV Pattimura, Wakapolda Maluku, Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku, Danlantamal IX Ambon, Kasdam XVI Pattimura, Ketua KPU Maluku dan Ketua Bawaslu Maluku.

Usai pantauan, Plh Gubernur kepada awak media di kantor Gubernur, Rabu (17/4) mengatakan, dari hasil tinjauan membuktikan undangan yang tersalur di atas 80 persen, begitu juga dengan partsisipasi masyarakat untuk mencoblos juga sangat baik.

"Dari tinjauan di pukul 11.00 WIT, partisipasi masyarakat sudah diatas 50 persen, jadi Insya Allah sampai pukul 13.00 WIT bisa diatas 70 persen," ujarnya.

Dirinya yakin di pemilu serentak kali ini, pasrtisipasi masyarakat yang datang menentukan hak pilihnya meningkat dibandingkan pemilu dan pilkada sebelumnya yang hanya 72 persen.

Untuk surat suara yang mengalami keterlambatan, kata Thahir berkat koordinasi antara KPU dengan pemerintah kabupaten/kota semua sudah tertangani dengan baik.

"Di Tanimbar selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar itu terkait distribusi logistik dan sudah sampai di daerah tersebut, masyarakat yang ada diatas juga sudah menentukan hak pilihnya," ungkap Thahir.

Sementara itu, Kasdam XVI/Pattimura, Asep . S Gunawan mengungkapkan, personil yang diturunkan untuk mengamankan jalnnya pemilu serentak ini untuk wilayah Maluku dan Maluku Utara mencapai 10 ribu personil, termasuk Babinsa dalam mengamankan semua TPS.

Dari hasil tinjauan, kata Asep, kondisi keamanan di Maluku kondusif, yang diharapkan tetap terjaga sampai pesta demokrasi lima tahun ini selesai.

"Saya yakin masyarakat di wilayah Maluku sudah semakin dewasa dan cerdas dalam menjaga keamanan," ucapnya.

Politik 8169018055256530682
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang