Rencana Pembangunan Asrama Mahasiswa Tanimbar di Ambon Disambut Positif | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Rencana Pembangunan Asrama Mahasiswa Tanimbar di Ambon Disambut Positif

SAUMLAKI - BERITA MALUKU. Rencana pembangunan asrama mahasiswa Tanimbar di Kota Ambon oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar (MTB) sebagai sarana akomodasi bagi para calon intelektual itu untuk mengenyam pendidikan di Kota Ambon, sangat direspon positif komponen masyarakat Tanimbar.

“Kita sangat merespon positif rencana pembangunan  asrama  untuk anak-anak kita yang kuliah di Kota Ambon oleh Pemda Kepulauan Tanimbar. Ini merupakan sebuah langkah maju dari Pemda untuk mendukung pendidikan para calon intelektual Tanimbar,” kata Jason Batlayeri, salah satu tokoh pemuda Tanimbar Utara  kepada  media ini, Kamis (21/2/2019).

Batlayeri yang juga salah satu pengurus organisasi anak-anak kolong kabupaten Kepulauan Tanimbar ini mengaku bangga dengan adanya bentuk perhatian dari Pemda setempat, sebab bila rencana pembangunan sarana ini terealisir maka sangat membantu  meringkankan beban para orang tua yang menyekolahkan anak-anak Tanimbar  di tanah rantau, terutama bagi mereka yang ekonominya lemah.

Diakui, kebanyakan dari anak-anak Tanimbar yang sudah menyelesaikan pendidikan tingkat sekolah menengah atas, kebanyakan dari mereka lebih memilih Kota Ambon untuk mengenyam pendidikan di tingkat perguruan tinggi. Untuk itu, dengan adanya rencana yang dibuat Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar ini, patut disupport.

Sebelumnya, Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Petrus  Fatlalon dalam keterangannya berjanji  dalam  waktu dekat di tahun ini akan membangun asrama mahasiswa di Ambon, ibukota Provinsi Maluku.

 Alasan membangun asrama mahasiswa ini, kata dia karena untuk memberikan semangat serta menunjang  kegiatan study para mahasiswa dalam mengenyam pendidikan di lembaga perguruan tinggi tersebut.

Alasan Fatlalon.  Pembangunan  sarana pendidikan bagi putra-putri di Ambon dikarenakan jumlah mahasiswa asal daerah julukan duan-lolat yang berada di kota Ambon lebih banyak di bandingkan anak-anak Tanimbar yang mengenyam pendidikan tinggi di sejumlah perguruan tinggi lalinya di tana air.

Fatlalon mengatakan, jumlah mahasisiwa Tanimbar yang study di Kota Ambon sesuai dengan data yang diperoleh sebesar 1600 lebih. Itu sebabnya Pemerintah Kepulauan Tanimbar lebih memprioritaskan pembangunan asrama mahasiswa di Kota Ambon.

Orang nomor satu Tanimbar ini mengaku lokasi asrama ini akan dibangun di wilayah Poka, Kecamatan Teluk Ambon karena lebih dekat dengan pusat lembaga pendidikan tinggi itu sendiri, yakni Universitas Pattimura.

“Sebab jumlah mahasiswa Tanimbar yang kuliah di universitas Pattimura berkisar 900 lebih sehingga asrama ini kita rencana bagun di sana,” ujar bupati ini.

Dikatakan, pihaknya saat ini lebih memusatkan perhatian untuk meningkatkan pendidikan warganya sebab ini untuk menyiapkan dan menyambut perubahan di waktu mendatang apalagi blok migas terbesar terdapat di wilayahnya, dan juga daerah itu memiliki banyak sumber daya alam sehingga patut  menyiapkan  sumber daya manusia melalui pendidikan atau keilmuan putra-putri Tanimbar untuk nantinya dapat ikut mengelolanya demi kesejahteraan masyarat.

“Dengan demikian kita nantinya tidak hanya menjadi penonton di tanah sendiri tetapi bisa membangun daerah kita sendiri untuk kemakmuran masyarakat,” tandas Fatlolon. (EB)
Daerah 5916989444823288496
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang