Lantamal IX Bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Ambon Bersihkan Pantai | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Lantamal IX Bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Ambon Bersihkan Pantai

AMBON - BERITA MALUKU. Dalam rangka Pencanangan Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2019, Pangakalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Ambon melaksanakan pembersihan disekitar pantai Halong. Selain itu juga dibantu dari instasi lain diantaranya Pemerintah Kota Ambon (Dinas Pendidikan, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Dinas Tata Kota), MCC, Lion Fish, Padis, Bank Sampah Lestari, Aparatur Kec. Baguala, Kel. Pandan Kasturi dan Kel. Lateri serta Perwakilan sekolah di Kec. Baguala, bertindak selaku pimpinan pembersihan Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler, Jumat (01/01/2019).

Dalam amanatnya Wakil Walikota menyampaikan bahwa Sampah telah menjadi permasalahan Iokal, regional, bahkan global, sehingga pengelolaanya harus dilakukan secara komperhensip dan terpadu dari hulu ke hilir agar memberikan manfaat ekonomis, sehat bagi masyarakat, aman bagi lingkungan serta dapat mendukung terbentuknya perilaku masyarakat yang berwawasan lingkungan. Momentum Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019 merupakan waktu yang tepat untuk melakukan corrective action, serta aktualisasi gerakan bersama antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha dalam mewujudkan Indonesia bebas sampah tahun 2025 umumnya dan Kota Ambon pada khususnya.

Perayaan HPSN Tahun 2019 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian serta membangun optimisme bersama dari seluruh pemangku kepentingan, untuk mewujudkan kerja bersama dalam pengelolaan sampah yang baik dan berkelanjutan. “Ujar, Wakil Walikota Ambon”.

Lebih lanjut dikatakan, Pemerintah Kota Ambon terus mendorong terbentuknya regulasi baik Peraturan Daerah (Perda) maupun Peraturan Walikota (Perwali) yang berkaitan dengan lingkungan hidup maupun persampahan sesuai kewenangan dan bersama-sama dengan Dewan Perwakilan Rakyat Kota Ambon meningkatkan anggaran untuk pengelolaan lingkungan dan persampahan serta meningkatkan jumlah sarana dan prasarana pengelolaan Iingkungan hidup dan persampahan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan serentak di 5 (lima) Kecamatan Kota Ambon dengan lokasi Nusanive di Pantai Amahusu, Sirimau di Hulu Arbes, Baguala di Pantai Halong, Leitimur Selatan di Pantai Hutumuri dan Teluk Ambon di Pantai Poka. Dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional di Kota  Ambon maka Pemerintah Kota Ambon akan  melaksanakan berbagai kegiatan yang akan berlangsung pada tanggal 1 s/d 21 Februari 2019. Rangkaian kegiatan HPSN 2019 diawali dengan Pencanangan HPSN di 5 Kecamatan sekaligus aksi kerja bakti massal dan penanaman mangrove serta pohon MPTS seianjutnya diikuti dengan kegiatan yakni jumpa berlian (jumat pagi bersih lingkungan), sosialisasi peraturan lingkungan, FGD (focus grup diskusi), pengelolaan sampah berbasis kepulauan, edukasi pengelolaan sampah, Car Free Day tanpa sampah, eco camp, lomba mural dan lomba photography bertema lingkungan.

Hadir dalam kegiatan Para Asisten Danlantamal IX, Danyonmarhanlan IX Ambon, Kadis Lingkungan Hidup Kota Ambon, Para Kasatker Danlantamal IX. (DISPEN LANTAMAL IX)
TNI-Polri 8285149711044353845
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang