Lantamal IX Adakan Rapat Teknis Bersama Tim P3TEK EBTKE dan Tim Spotmar Kasal | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Lantamal IX Adakan Rapat Teknis Bersama Tim P3TEK EBTKE dan Tim Spotmar Kasal

BERITA MALUKU. Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX menerima Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenaga Listrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (P3TEK EBTKE) beserta Tim Staf Potensi Maritim Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Spotmar Kasal) yang mengadakan Rapat Teknis Penyusunan Feasibility Dan Detail, Engineering Design Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terpusat (PLTS) Pos Jaga TNI Di Wilayah Timur bertempat di Ruang Rapat Markas Komando Lantamal IX Ambon, Jumat (23/11/2018).

Selaku Ketua TIM Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenaga Listrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (P3TEK EBTKE) Ery Wahyu Nugroho dan dari Spotmar Kasal Kolonel Laut (S) Djakaria Purba Girsang Paban IV Komsos Spotmar Kasal.

Dalam sambutan Komandan Lantamal IX Ambon Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang yang dibacakan Wakil Komandan Lantamal IX Kolonel Marinir Supriyono menyampaikan bahwa kita ketahui bersama bahwa energi listrik adalah salah satu kebutuhan masyarakat modern yang sangat penting dan vital. Ketiadaan energi listrik akan sangat menggangu keberlangsungan aktifitas manusia, oleh karena itu kesinambungan dan ketersediaan energi listrik perlu dipertahankan setiap waktu.

Rasio elekrifikasi Indonesia saat ini adalah 87% hal tersebut menunjukan bahwa 8,5 juta penduduk Indonesia atau setara dengan 2500 Desa yang belum di aliri listrik, letak geografis Indonesia merupakan salah satu penyebab masih banyaknya daerah yang belum terjangkau listrik sperti Pulau – Pulau terluar Maluku.

Lebih lanjut dikatakan, salah satu energi terbarukan yaitu dengan pemanfaatan energi matahari, mengapa Indonesia perlu memanfaatkan energi surya? karena Indonesia merupakan negara tropis yang mempunyai potensi energi surya dengan insolasi harian rata-rata 4,5 - 4,8 kwh/m2/hari, sehingga sumber daya matahari yang melimpah ini dapat digunakan di daerah terpencil.

Dengan demikian pemanfaatan tenaga surya dapat dimulai untuk memenuhi kebutuhan listrik skala rumah tangga didaerah terpencil yang belum terjangkau oleh PLN. Kementerian ESDM melalui badan layanan umum pusat penelitian dan pengembangan teknologi ketenagalistrikan, energi baru, terbarukan dan konservasi energi, telah melakukan survei untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) termasuk di Pos-Pos Jaga TNI termasuk TNI AL di wilayah perbatasan.

Selain sebagai sumber energi, pembangunan PLTS juga dimaksudkan sebagai upaya preventif bersama agar kegiatan, fasilitas dan infrastruktur bidang ESDM yang berada di daerah perbatasan, terpencil dan pulau terluar mendapatkan pengamanan. Untuk itu kami sangat beterimakasih kepada Kementerian ESDM dalam hal ini P3 TEK EBTKE dengan adanya kegiatan ini, bantuan ini sangat membantu pihak TNI Angkatan Laut untuk memenuhi kebutuhan listrik di daerah. Kepada yang menerima bantuan ini, saya instruksikan untuk selalu menjaga dan memelihara apa yang sudah di berikan sehingga dapat memenuhi kebutuhan listrik di daerah terpencil tersebut.

Pada kesempatan tersebut Ketua TIM Spotmar Kasal Kolonel Laut (S) Djakaria Purba Girsang Paban IV Komsos Spotmar Kasal menambahakan penugasan oleh Direktorat Jenderal energi baru terbarukan dan konservasi energi untuk melaksanakan Feasibility Studi Dan Detail Engineering Design Pembangunan PLTS di pos jaga TNI, tidak hanya TNI Angkatan Laut tetapi TNI Angkatan Darat merupakan kebanggaan karena sudah dipercaya untuk ditugaskan sekaligus juga menjadi tantangan.

Selain itu dalam sambutan Ketua TIM Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenaga Listrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (P3TEK EBTKE) Ery Wahyu Nugroho menerangkan bahwa pembangunan ini agar cepat direalisasikan di tahun 2019, oleh karena itu kami sangat membutuhkan data-data dari Posal - Posal yang sudah rekomendasi untuk dilaksanakannya pembangunan tersebut.

Hadir dalam kegiatan Aspotmar Danlantamal IX Kolonel Marinir Nanang P, Para Danposal di jajaran Lantamal IX, Perwakilan Anggota Yonmarhanlan IX. (DISPEN LANTAMAL IX)

TNI-Polri 4755888115230968836
Beranda item

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang