Unggul Sementara Pilgub Maluku, Pendukung “BAILEO” Pawai | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Unggul Sementara Pilgub Maluku, Pendukung “BAILEO” Pawai

BERITA MALUKU. Pasangan kandidat Gubernur Maluku, Murad Ismail – Barnabas Nataniel Orno yang berjargon “BAILEO” dinyatakan unggul sementara dalam perolehan suara dari dua rivalnya, masing-masing Said Asaagaff – Anderias Rentanubun (SANTUN) dan Herman Koedoeboen – Abdullah Vanath (HEBAT)  sesuai hasil lembaga hitung cepat pada Pilkada serentak yang digelar Rabu (27/6/2018).

Pantauan media ini, sejak menyimak hasil kemenangan sementara pasangan BAILEO yang ditampilkan lembaga hitung cepat di beberapa televisi nasional tadi sore, spontan warga pendukung dan sejumlah partai pendukung pasangan ini langsung turun jalan melakukan pawai dan konvoi dengan atribut dukungan untuk pasangan BAILEO di sejumlah ruas jalan di  pusat Kota Ambon.

Aksi kegembiraan mereka terlihat turut memacetkan sejumlah ruas jalan di pusat kota julukan manise ini. Bahkan sejumlah aparat kemanan turut mengatur arus lalu lintas agar tak terjadi kemacetan yang tak diinginkan.

Sementara itu sesuai hasil hitung cepat sementara LSI Denny JA, Rabu (27/6/2018), menyatakan dari data yang masuk sebanyak 53,67 persen, pasangan pasangan BAILEO memperoleh suara 43,29 persen, disusul pasangan SANTUN 30 persen suara, dan terakhir pasangan HEBAT memperoleh 26,71 persen suara.

LSI Denny JA mencatat voter turnout (VTO) sebesar 65,82 persen. Sementara itu, margin of error tercatat sebesar 1 persen.

Sebagaimana diketahui, angka ini bukan hasil penghitungan lembaga resmi sebab KPU sebagai lembaga penyelenggara resmi akan melakukan rekapitulasi hasil suara hingga 9 Juli 2018, dan akan diumumkan secara resmi usai dilakukan rekapitulasi. Dengan demikian akan diketahui resmi siapa gubernur dan wakil gubernur terpilih  Maluku  periode 2018 – 2023.

Sebagaimana diketahui pasangan BAILEO didukung partai politik, antara lain PDIP, PKB, PPP, Gerindra, PAN, PKPI,  Hanura dan Partai Nasional Demokrat. Sementara pasang SANTUN didukung PKS, Demokrat dan Golkar.  Dan pasangan HEBAT maju melalui jalur independen.

Di lain pihak  jumlah pemilih untuk Provinsi Maluku sesuai data KPU tahun 2018  berjumlah 1.149.900 dibagi dalam 3.358 TPS. (e)
Reactions: 
Pilkada Maluku 1663739520667935975

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang