Ambon - Vlisingen jajaki Operasi Gondok | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Ambon - Vlisingen jajaki Operasi Gondok

BERITA MALUKU. Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon siap menjajaki operasi tiroid atau gondok dengan pemerintah Kota Vlissingen Belanda di tahun 2019.

"Tahun 2019 kita akan menjajaki operasi thyroid mengingat jumlah penderita penyakit ini cukup tinggi di Maluku khususnya kota Ambon," kata Wali Kota Ambon Richard Louhenapessydi Ambon, Senin (19/3/2018).

Operasi gondok yakni pembesaran kelenjar tiroid yang ditandai dengan pembengkakan di bagian depan dan samping leher.

Menurut dia, kerjasama kota kembar Vlissingen - Ambon dimulai sejak tahun 2006. Hubungan kerja sama difokuskan untuk penanganan sampah,kebersihan, lingkungan, kesehatan dan pendidikan "Kerjasama bidang kesehatan melalui operasi bedah plastik, urologi maupun mata kepada warga kota Ambon secara gratis," ujarnya.

Richard menjelaskan, setiap tahun jumlah pasien yang melakukan operasi meningkat, bahkan melebihi kuota yang ditetapkan karena para pasien yang mendaftar tersebar di seluruh kabupaten kota di Maluku.

"Tahun ini sebanyak 58 pasien telah menjalani operasi bedah plastik oleh tim dokter Vlissingen Belanda, " ujarnya.

Dikatakannya, 58 pasien yang telah menjalani operasi, 30 pasien dari kota Ambon sementara 28 lainnya dari luar Ambon seperti kabupaten Buru, Tual, Kota Sorong Papua Barat dan Ternate Maluku Utara.

"Ini merupakan bentuk partisiapsi kemanusiaan, karena seluruh biaya pengobatan ditanggung Pemkot Ambon. Partisipasi kemanusiaan tersebut melewati batas-batas teritorial, karena kita membuka kesempatan bukan hanya untuk warga kota Ambon tetapi dari luar kabupaten bahkan provinsi," katanya.

Richard menyatakan, banyak hal yang telah dilakukan Pemerintah Vlissingen kepada Ambon diantaranya bidang kesehatan yakni pembangunan klinik mata Vlissingen Ambon (VA) di desa Passo, pelaksanaan operasi katarak, operasi urologi dan operasi bibir sumbing.

Bidang kebersihan dan pengelolaan sampah, serta bidang pariwisata yakni pengembangan dan promosi wisata di Belanda melalui kegiatan pasar malam.

"Kerja sama Ambon dan Vlissingen Belanda diharapkan dapat memberikan manfaat untuk membangun, menata dan membenahi Ambon semakin baik," tandasnya.
Kesehatan 986720518095224690
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks