Tiga Kecamatan di Bursel Terima Bantuan SOLID | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Tiga Kecamatan di Bursel Terima Bantuan SOLID

BERITA MALUKU. Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Buru Selatan (Bursel) mendapat bantuan Smallholder Livelihood Development Project in Eastern Indonesia (SOLID) dari Pemerintah Pusat tahun anggaran 2017, untuk dibagikan di tiga kecamatan.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Bursel, Hakim Tuankotta kepada Berita Maluku Online, Jumat (15/12/2017) mengatakan, pihaknya mendapat bantuan dari program tersebut berupa alat-alat produksi yang akan dibagikan ke tiga kecamatan, yakni Kecamatan Leksula, Kecamatan Waesama dan Kecamatan Namrole.

"Bantuan yang diberika dalam bentuk alat pengelolaan, ada yang buat abon, ada yang buat kecap, ada yang buat sirup, ada yang membuat sabuk kelapa menjadi kesek kaki dan lain sebagainya," jelas Tuankotta.

Dia mengatakan, program ini untuk menciptakan sentral bisnis guna memantapkan kelompok-kelompok kecil yang selama ini dibina pihaknya untuk menghasilkan barang produksi.

"Bukan hasil produksi saja, tetapi sudah sampai pada pemasaran. Menejemen SOLID ini sangat bagus," ujarnya.

Dijelaskan bahwa, pihaknya sering mensosialisasi kepada masyarakat untuk bagaimana membuat sesuatu hasil produksi hingga menejemen pemasaran.

"Makanya saat ini kita suda mulai membentuk sentral bisnis. Dan sentral bisnis di tiga kecamatan yaitu di Waelikut, di Leksula dan Oki Baru," sebutnya.

Dikatakan, bagi tiga sentral bisnis ini sebagai penopang seperti memproduksi abon, ada yang memproduksi minyak kelapa, memproduksi keripik dan hasil produksi lainnya seperti pembuatan sirup.

Kelompok-kelompok yang mendapat bantuan program SOLID ini, kata Tuankotta, telah mendapat pelatihan dan telah memiliki usaha.

"Dengan sumber daya alam yang tersedia, dan kita akan launching hasil produksi kecap dari Kabupaten Buru Selatan," ujarnya.

Tuankotta berharap, dari hasil produksi yang dibuat nantinya dapat dilempar ke pasar lokal.

"Kami berharap toko-toko yang ada di Namrole dapat memasarkan hasil produksi lokal kita untuk dijual kepada masyarakat," harapnya.

Sambungnya, dengan harapan hasil produksi kelompok usaha yang ada di Buru Selatan dapat dipasarkan sampai keluar kabupaten. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat. (LE)
Daerah 4558193832895641114
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks