Disperindag Ambon Pastikan HET Beras Berlaku di Seluruh Pedagang | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Disperindag Ambon Pastikan HET Beras Berlaku di Seluruh Pedagang

BERITA MALUKU. Dinas Perindustrian dan Perdaganagan (Disperindag) kota Ambon, Maluku memastikan Harga Eceran Tertinggi (HET) beras telah diberlakukan di seluruh pedagang di pasar tradisional.

"Seluruh pedagang di kota Ambon telah memberlakukan HET beras, sehingga dipastikan masyarakat dapat menikmati harga beras yang sama dengan daerah lain," kata Kadisperindag Kota Ambon, Pieter Leuwol, Selasa (14/11/2017).

Menurut dia, penetapan HET beras pedagang menjual beras medium dan premium Untuk Maluku ditetapkan beras medium harganya Rp10.250 dan beras premium Rp13.600/Kg.

Seluruh distributor beras yang terdaftar oleh pemerintah juga telah dilakukan pengecekan ketersedian stok beras di setiap gudang dan dipastikan aman karena mencukupi kebutuhan masyarakat untuk beberapa waktu ke depan.

Kepastian dari para distributor, kata Pieter, menjadi alasan bahwa stok beras aman untuk pemberlakukan HET, maka yang perlu diintensifkan adalah pengawasan.

"Kami terus melakukan pengawasan dan mengimbau para pedagang, untuk tidak menjual beras diluar HET yang telah ditetapkan. Pihaknya akan terus melakukan pengawasan untuk implementasi kebijakan tersebut," katanya.

Pengawasan lanjutnya, tidak hanya dilakukan di ritel modern, tetapi juga di pasar tradisional dan pedagang eceran. Menurut Leuwol, pengawasan ritel moderen jauh lebih mudah karena kesadaran pemilik retail relatif lebih baik.

Ia menjelaskan, penetapan HET beras medium dan premium juga ditentukan dari pengukuran kadar air, dan pengujian butir beras yang telah dilakukan oleh Perum Bulog Maluku.

Pengukuran kadar air dan pengujian beras menggunakan alat karena proses ini memiliki manfaat yang besar dan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam hal peningkatan kualitas.

"Selama ini penjualan beras dengan sistem karung tidak bisa kita bedakan jenisnya apakah medium atau premium, sehingga perlu ditindaklanjuti dengan pengukuran kadar air untuk mengetahui jenis beras dengan pasti," ujarnya.

Pieter menambahkan, pihaknya mengimbau masyarakat untuk ikut mengawasi jalannya penetapan HET beras di kota Ambon. Jika penetapan HET resmi diberlakukan namun ada pedagang yang bandel, maka masyarakat bisa langsung melaporkan ke petugas Disperindag kota Ambon.
Ekonomi 6259065581553660706
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks