Upacara HUT TNI ke - 72 di Lapangan Merdeka Ambon Berlangsung Khidmat | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Upacara HUT TNI ke - 72 di Lapangan Merdeka Ambon Berlangsung Khidmat

BERITA MALUKU. Prajurit Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX (Lantamal IX) Ambon dan prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan IX (Yonmarhanlan IX) bersama jajaran TNI/Polri di wilayah Ambon melaksanakan Upacara Parade memperingati Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia yang ke 72 tahun 2017 dengan berlangsung khidmat di Lapangan Merdeka, Ambon, Kamis (05/10/2017).

Upacara dipimpin Inspektur Upacara (Irup) Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Tri Suwandono dan Komandan Upacara (Danup) Letkol Marinir Teguh Santoso yang sehari – hari menjabat sebagai Komandan Yonmarhanlan IX, serta diikuti peserta upacara terdiri dari prajurit jajaran Kodam XVI/Pattimura, Lantamal IX Ambon dan Lanud Pattimura serta Satuan Brimob Polda Maluku, Aparatur Sipil Negara (ASN) TNI, Satpol PP, Tagana dan juga pelajar SMA Sekota Ambon.

Amanat Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang dibacakan Irup menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada seluruh prajurit dan ASN TNI  dimanapun saat ini bertugas dan berada. “Saya ucapkan selamat ulang tahun dan Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia, yang kita cintai dan banggakan bersama,” ucap Panglima TNI.

Lebih lanjut disampaikan bahwa penyelenggaraan HUT TNI pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI yang telah dan sedang dilaksanakan, khususnya pada tahun anggaran 2017. Oleh karena itu, tema pokok pada kegiatan HUT ke-72 ini adalah “Bersama Rakyat TNI Kuat”.

Makna yang terkandung di dalam tema tersebut adalah, TNI tumbuh dan berkembang, serta berjuang bersama rakyat. Inilah esensi ciri kesejatian TNI yang tidak boleh pudar di tengah – tengah arus globalisasi, yang terus bergerak secara dinamis. Kesejatian tersebut harus terus ditumbuhkembangkan dan diselaras – serasikan dengan pola pikir kehidupan masyarakat yang semakin modern, sehingga kecintaan akan tetap terbangun sebagai modal pokok, karena bersama rakyat TNI kuat dalam menjaga dan melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Usai upacara parade, rangkaian kegiatan HUT TNI ke 72 dilanjutkan dengan acara tambahan meliputi pemusnahan senjata organik dan senjata rakitan yang diserahkan oleh masyarakat secara sukarela, kemudian dilanjutkan kolone senjata dan bela diri Yongmoodo oleh prajurit TNI – Polri yang menggambarkan kekompakan dan solid antara kedua instansi di Maluku.

Selain itu juga ditampilkan drama kolosal menceritakan perjuangan rakyat Banda Naira melawan penjajah yang diperankan oleh prajurit Kodam XVI/Pattimura bersama masyarakat dan parade defile prajurit dan Alutsista TNI serta masyarakat Kota Ambon.

Rangkaian kegiatan dihadiri oleh Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff, Kapolda Maluku Irjen Pol Deden Juhara, Wadan Lantamal IX Kolonel Marinir Imam Sopingi, Kadislog Lanud Pattimura, Kabinda Maluku, Kajati Maluku, Wakil Walikota Ambon, Sekda Kota Ambon, para pejabat TNI/Polri, Ibu – ibu Dharma Pertiwi Daerah Q, tokoh adat, tokoh masyarakat, para pensiunan TNI dan undangan lainnya. (DISPEN LANTAMAL IX)
TNI-Polri 9147703972392159415
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks