Lima Fraksi DPRD Bursel Tak Sampaikan Pandangan Umum RAPBD-P 2017 | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Lima Fraksi DPRD Bursel Tak Sampaikan Pandangan Umum RAPBD-P 2017

BERITA MALUKU. Lima Fraksi di DPRD Kabupaten Buru Selatan (Bursel) yakni Fraksi Demokrat, PAN, Fraksi Perubahan dan Fraksi Karya Pembangunan Sejahetra menyatakan sikap tak menyampaikan pandangan umum fraksinya terhadap Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah – Perubahan (RAPBD-P) Bupati Tahun 2017. Hanya fraksi PDIP yang menyatakan akan menyampaikan pandangan umum fraksinya.

Paripurna diawali penandatanganan nota kesepakatan KUA/PPAS perubahan tahun anggaran 2017 masa sidang II, dipimpin wakil ketua DPRD Gerson Selsilly. Sementara paripurna dalam rangka penyampaian nota pengantar RAPBD-P masa sidang III tahun 2017 dipimpin Arkilaus Solissa selaku Ketua DPRD Bursel.

Paripurna dimulai pada Kamis malam (5/10/2017) pukul 10.00 wit, dihadiri 13 dari 20 anggota DPRD, dan dihadiri Wakil Bupati Ayub Seleky bersama sejumlah pimpinan SKPD.

Ketua Fraksi PDIP Sami Latbual dalam laporanya menyampaikan bahwa, pihaknya menerima nota pengantar RAPBDP yang disampaikan wakil bupati dan KUA/PPAS yang telah disepakati bersama.

Sedangkan lima fraksi lainnya pada prinsipnya tak menyampaikan pandangan umum mereka, hanya ada beberapa catatan yang akan mereka sampaikan, diantaranya, sistim absensi antara KUA PPAS dengan saat pembahasan APBDP nani, dan masih banyak Pustu dan Puskesmas harus terisi dengan tenaga medis. Sehingga saat rakyat sakit tak perlu dirujuk ke Namrole tetapi dapat diobati di Pustu atau Puskesmas saja.

Pada paripurnah ini, tak ada satupun anggota Fraksi PAN yang hadir. Untuk Fraksi Gerindra juga tak menyampaikan pandangan umum mereka, namun ada catatan dari fraksi ini yakni, meminta pihak eksekutif percepat pembahasan RAPBDP. Dan terhadap setiap pimpinan SKPD dimintakan agar selalu kooperatif menghadiri setiap pembahasan.

“Kehadiran setiap pimpinan SKPD sangatlah penting, dan ini menjadi tanggungjawab bupati, wakil bupati dan sekda,” pinta fraksi Gerindra.

Untuk Fraksi Perubahan menyampaikan catatan mereka yakni, agar perlancar pembahasan ini maka seluruh dokumen harus segerah disiapkan. Fraksi Karya Pembangunan Sejahtra juga sampaikan catatan fraksinya, yaitu  berkaitan dengan APBDP dan KUAS PPAS mesti ditaati oleh tim anggaran eksekutif.

Terhadap sikap politik fraksi-fraksi ini, Ketua DPRD Arkilaus Solisa selaku pimpinan sidang menyampaikan bahwa, terdapat 5 fraksi yang tidak menyampaikan pandangan umum fraksi dan hanya satu fraksi yakni fraksi PDIP.

“Dengan demikian kami agendakan untuk pandangan umum Fraksi PDIP akan disampaikan pada hari Sabtu  besok pagi,” ujar  Solissa dan disetujui oleh paripurna. (LE)
Daerah 7966946282861182904

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang