Korcab IX Daerah Jalasenastri Artim Terima Sosialisasi Cegah Kanker Serviks | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Korcab IX Daerah Jalasenastri Artim Terima Sosialisasi Cegah Kanker Serviks

BERITA MALUKU. Korcab IX Daerah Jalasenastri Armada Timur (Artim) menerima sosialisasi kesehatan dengan tema “Kaker Serviks, Penanda Dini dan Pencegahannya” yang berlangsung di gedung Manggala Loka LantamaL IX Ambon, pada 3 Agustus 2017 lalu, menghadirkan dua pembicara seperti dr. Hanny Tanasal, Sp.KK dan dr. Inggrid Hutagalung, M.Kes, Sp.PK. Demikian siaran pers Dispen Lantamal IX Ambon yang diterima media ini, Kamis (10/8/2017).

Kegiatan itu merupakan salah satu rangkaian dalam rangka memperingati HUT Jalasenastri ke – 71, dimaksudkan untuk memberikan pemahaman tentang bahaya Kanker Serviks dan IVA (inspeksi visual dengan asam asetat), karena merupakan penyakit dengan angka kematian tertinggi.

Dalam paparan dr. Inggrid Hutagalung, M.Kes., Sp.Pk menjelaskan, pentingnya melakukan pendeteksian secara dini dengan menggunakan metode klasik yakni IVA atau menggunakan metode SSBC & HPV – DNA sebagai diagnose kanker serviks. Pada stadium awal, kanker ini tidak menunjukkan gejala yang khas. Gejala baru muncul pada stadium lanjut, seperti terjadi perdarahan abnormal (di luar masa menstruasi, setelah menopause, setelah berhubungan), keputihan abnormal (berbau/ bercampur darah) atau nyeri di daerah pinggul.

Sementara dr. Hanny Tanasal, Sp.KK menyampaikan tentang berbagai jenis penyakit menular seksual (PMS) yang menimbulkan potensi terjadinya kanker serviks. penyakit menular seksual diantaranya chlamydia, kencing nanah, sifilis, atau HIV/AIDS. Selain itu, beberapa faktor yang meningkatkan kanker serviks juga disebabkan oleh sistem imun yang rendah, seks usia dini serta perokok berat.

Ketua Korcab IX Daerah Jalasenastri Armada Timur, Ny. Nur Singgih Prihartono pada kesempatan itu menghimbau kepada seluruh istri prajurit Lantamal IX beserta jajarannya, untuk memperhatikan masalah kesehatan keluarga, baik secara pribadi maupun dalam kegiatan pertemuan organisasi. Kesehatan harus menjadi prioritas utama dan dijadikan perhatian serius, khususnya bahaya penyakit kanker serviks pada wanita. Perhatikan dan simak baik – baik apa yang disampaikan pemapar.

Karumkital dr.F.X. Suhardjo Lantamal IX, Letkol Laut (K) dr. Hisnindarsyah, S.E., M.Kes yang hadir saat itu turut mendukung kegiatan sosialisasi bagi Ibu – Ibu JAlasenastri di lingkungan Lantamal IX, karena sudah satu tugas pokok dan fungsi Rumkital dr.F.X. Suhardjo Lantamal IX yakni Edukasi Dan Prefentif.

"Diharapkan seluruh Ibu – Ibu Jalasenastri mengerti dan paham tentang isi materi dan penjelasan yang disampaikan, agar terhindar dari penyakit kanker serviks yang sangat rentan menyerang bagi kaum perempuan dan dapat mematikan."
TNI-Polri 2848391483054006620
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks