Hanyut Terbawa Arus, Tim EFQR Lantamal IX Evakuasi Kapal Layar Peserta Sidayr 2017 | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Hanyut Terbawa Arus, Tim EFQR Lantamal IX Evakuasi Kapal Layar Peserta Sidayr 2017

BERITA MALUKU. Tim Eastern Fleet Quick Respone (EFQR) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon mengevakuasi salah satu kapal peserta Spice Island Darwin – Ambon Yacht Race (SIDAYR) tahun 2017 yang hanyut terbawa arus akibat angin kencang di Teluk Dalam Ambon, Minggu kemarin (13/08/2017).

Kapal Yacht bernama Twitch yang dinahkodai Mr. Barry Walsh (WN. Australia) hanyut tanpa awak terbawa arus dari Pantai Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon tempat diselenggarakannya Event SIDAYR 2017 hingga ditemukan terdampar di Pantai Desa Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon.

Kapal layar tersebut pertama kali diketahui hanyut oleh Nahkoda Kapal Twitch yang pada saat kejadian akan melihat kondisi kapalnya. Karena dilihat kapal sudah tidak berada pada posisi lego jangkar, kemudian pemilik melaporkan hilangnya kapal ke Panitia SIDAYR 2017.

Informasi yang diterima dari masyarakat Desa Tawiri tentang adanya kapal yacht di Pantai Tawiri kepada Panitia SIDAYR 2017, kemudian Tim EFQR Lantamal IX bersama Polairud Polda Maluku dan krew kapal Twitch dari Dermaga Amahusu menuju lokasi kandasnya kapal menggunakan Sea Rider milik Satuan Keamanan Laut (Satkamla) Lantamal IX dan kapal milik Polairud.

Proses evakuasi Kapal dilakukan menunggu hingga air laut pasang dan kemudian oleh krew kapal Twitch dibawa kembali ke Pantai Amahusu menggunakan mesin kapal dengan kawalan Sea Rider Lantamal IX dan kapal Polairud.

SIDAYR merupakan event tahunan yang digelar sejak tahun 1976 di Kota Ambon, sebagai bentuk kebersamaan dan meningkatkan kualitas persaudaraan antara Kota Ambon Indonesia maupun Kota Darwin Australia. Kegiatan ini didukung oleh Kementrian Pariwisata dan Pemerintah Kota Ambon dengan melibatkan Instansi – instansi terkait termasuk Lantamal IX yang bertugas sebagai pengamanan sektor laut pada kegiatan SIDAYR 2017.

Jumlah Peserta SIDAYR tahun 2017 diikuti sebanyak 18 kapal layar, dilepas dari Pelabuhan Darwin Australia Utara pada tanggal 5 Agustus 2017 lalu dan tiba di finish Pantai Amahusu Kota Ambon pada tanggal 8 Agustus 2017 di sambut oleh Walikota Ambon Richards Louhenapassy dan warga Kota Ambon. (DISPEN LANTAMAL IX)
TNI-Polri 8627253544294062658

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang