Dishub Bursel Sosialisasi Keselamatan Bidang Perhubungan Tahun 2017 | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Dishub Bursel Sosialisasi Keselamatan Bidang Perhubungan Tahun 2017

BERITA MALUKU. Dalam rangka menekan angka kecelakaan berlalu lintas, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) menggelar kegiatan sosialisasi tentang Keselamatan Bidang Perhubungan dan Angkutan Jalan.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari instansi kepolisian, Jasa Raharja dan Badan penanaman modal, berlangsung di aula Kantor Bupati, dihadiri Sekda Syharoel Pawa, Kadis Perhubungan, staf Jasa Raharja Provinsi Maluku, para pemuda dan pelajar serta para pegawai Dinas Perhubungan, Senin (28/8/2017).

Sekda yang membacakan sambutan Bupati Busresl, Tagop Soulisa mengatakan, dalam pelaksanaan sosialisasi ini akan membahas berbagai hal penting yang berkaitan langsung dengan pelaksanakan tugas tugas sebagai penyelenggara lalu lintas daan angkutan Jalan (LLAJ).

Dikatakan, sosialisasi yang dilaksanakan ini membahas isu-isu strategis yang dihadapi dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, meliputi peningkatan keselamatan bidang perhubungan serta upaya peningkatan kondisi sarana dan prasarana penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan (LLAJ).

Menurutnya, upaya untuk meningkatkan pelayanan angkutan umum dan penyelenggaraan pelabuhan penyebrangan dan pelabuhan rakyat (Tambatan Perahu) adalah bagian dari sejumlah isu yang selama ini menjadi perhatian bersama untuk segera ditindaklanjuti.

Lanjutnya, implementasi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan serta Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang pelayaran mengandung adanya suatu paradigma baru yang harus disertai dengan perubahan mind set, penyamaan persepsi dan interprestasi terhadap ketentuan yang diatur dalam undang-undang tersebut.

Diakuinya upaya yang telah dilakukan pemerintah dalam menurunkan tingkat kecelakaan lalu lintas melalui pencanangan dekade aksi keselamatan jalan nasional oleh wakil Presiden pada 20 Juni 2011 lalu, merupakan salah satu upaya yang telah ditempuh.

“Pemerintah telah mewujudkan road map to zero accident. Untuk menjamin keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan ditetapkan rencana umum nasional keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan (RUNKLLAJ) yang meliputi penyusunan program nasional kegiatan LLAJ dan managemen keselamatan LLAJ,” kata Pawa.

Dikatakan, di Bursel telah ditetapkan ruas jalan depan kantor dinas pertanian kabupaten Bursel, sampai dengan persimpangan jalan depan Bank Maluku Cabang Namrole melalui satu arah sesuai dengan perturan Bupati Nomor 11 Tahun 2016.

Oleh karena itu, sesuai dengan amant Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, rencana umum nasional keselamatan LLAJ perlu mendapat perhatian dari seluruh peserta untuk melihat secara perspektif terhadap hal-hal yang bersama-sama perlu untuk dipersiapkan dan dilakukan dalam rangka mendukung peningkatan keselamatan jalan.

Diharapkannya, angkutan penyeberangan dapat berperan sebagai sub sistem transportasi darat dalam Sistem Transportasi Nasional (Sistranas) yang mendukung pertumbuhan dan pelayanan sektor lainnya (Promoting and servicing Sector) serta berfungsi multiplier effect dan meendukung pembangunan daerah, maupun pembangunan nasional secara keseluruhan. (LE)
Daerah 2013809455347655291

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang