Wagub Malut: Tidak Penuhi Target PAD Akan Dicopot | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Wagub Malut: Tidak Penuhi Target PAD Akan Dicopot

BERITA MALUKU. Wakil Gubernur Maluku Utara (Malut) Naser Thaib mengatakan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup pemprov setempat yang kinerkanya buruk, seperti tidak memenuhi target Penerimaan Asli Daerah (PAD), akan dicopot.

"Seluruh pempinan OPD di lingkup Pemprov Malut kini sedang dievaluasi kinerjanya, terutama mengenai penerimaa PAD yang dibebankan pada OPD yang mereka pimpin dalam enam bulan terakhir," katanya di Ternate, Kamis (6/7/2017).

Menurut Wagub, dalam evaluasi itu sudah terungkap ada pimpinan OPD yang memiliki kinerja buruk dalam hal pencapaian penerimaan target penerimaan PAD di antaranya Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Malut Safruddin.

Dinas ESDM, kata Wagub Naser Thaib, dalam APBD 2017 dibebankan target penerimaan PAD sebesar Rp600 miliar, tetapi realisasinya dalam dua triwulan pertama pada 2017 ini masih kosong dan ini jelas menggambarkan bahwa pimpinan di OPD ini tidak mampu bekerja dengan baik.

"Seluruh pimpinan OPD di lingkup Pemprov Malut harus mampu memenuhi target PAD yang dibebankan pada masing-masing OPD karena untuk merealisasikan berbagai program yang sudah ditetapkan Pemprov Malut tidak mungkin bisa diwujudkan tanpa dukungan penerimaan yang memadai, apalagi alokasi dana dari pusat sangat terbatas," katanya.

Wagub menyebutkan APBD Malut sebesar Rp2,8 triliun, sekitar Rp800 miliar di antaranya ditargetkan melalui penerimaan PAD, tetapi dengan buruknya kinerja pimpinan OPD di lingkup Pemprov Malut dalam penerimaan PAD maka kemungkinan target penerimaan PAD itu tidak bisa direalisasi.

Oleh karena itu, melalui penggantian pimpinan OPD yang kinerjanya buruk dalam penerimaan PAD diharapkan pimpinan yang akan menggantikan nanti dapat memanfaatkan sisa waktu enam bulan pada 2017 untuk memaksimalkan penerimaan PAD di OPD yang dipimpinnya.

Sebelumnya sejumlah kalangan di Malut menilai buruknya kinerja pimpinan OPD di Malut dalam memenuhi target penerimaan PAD karena selama ini dalam penentuan pimpinan OPD tidak didasarkan pada kemampuan tetapi lebih pada pertimbangan kedekatan dan politik.
Malut 2739928006392731791

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang