BPBD Tetapkan 4 Daerah di Maluku Paling Parah Diterjang Bencana Alam | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

BPBD Tetapkan 4 Daerah di Maluku Paling Parah Diterjang Bencana Alam

BERITA MALUKU. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku menyatakan dari 11 Kabupaten/kota di Maluku, empat kabupaten/kota diantaranya merupakan daerah yang paling parah diterjang bencana alam. Hal ini disebabkan karena tingginya curah hujan yang terjadi belakangan ini.

Keempat daerah tersebut, yakni Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Hal ini diungkapkan Kepala BPBD Maluku, Farida Salampessy kepada awak media, usai mengikuti pelaksanaan Halal Bi Halal, yang berlangsung di islamic center, Ambon, Selasa (4/7/2017).

Dikatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan BPBD di daerah masing-masing untuk memberikan bantuan tanggap daturat kepada masyarakat yang terkena dampak bencana alam.

“Bantuan tanggap darurat sudah diberikan masing-masing kabupaten/kota,” ujarnya.

Dijelaskan, dari ketiga kabupaten/kota tersebut, Kabupaten Maluku Tenggah merupakan daerah yang paling parah terkena dampak bencana alam, salah satunya yang terjadi di Desa Negeri Lima, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku. Dimana hampir seluruh pemukiman yang ada di desa tersebut diterjang banjir akibat dari meluapnya aliran sungai Way Ela, yang merupakan bekas dari jebolnya Dam Way Ela pada 2013 lalu.

Dalam mengantisipasi banjir susulan, kata Salampessy, dari hasil koordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Maluku, telah melakukan pemasangan bronjong untuk menahan lajunya air, sehingga ketika turun hujan dengan itensitas tinggi, air tidak lagi masuk ke pemukiman masyarakat.  

“Jadi kemarin BWS Maluku sudah memasang bronjong, sebelum dilakukan pekerjaan jangka panjang,” tandasnya.
Bencana Alam 3248672825643197301

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang