Serba Serbi Mitos di Era Modern | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Serba Serbi Mitos di Era Modern

MITOS merupakan sebuah kepercayaan terhadap terjadinya sesuatu yang buruk tertimpa pada kita, apabila kita melanggar sebuah pantangan. Kebanyakan mitos dikaitkan dengan hal berbau mistis seperti gaib dan ramalan umum yang sering terjadi.

Mitos atau pantangan ini dianggap ada karena kebanyakan hal yang terjadi secara umum.

Berikut adalah beberapa mitos yang masih senter terdengar di jaman yang sudah modern ini.

- Makan Cakar Ayam

Jangan makan cakar ayam entar tulisan akan jelek seperti cakar ayam. Menurut saya mitos ini lucu dan tidak benar. Pada kenyataannya, saya tidak suka makan cakar ayam lantas mengapa tulisan saya jelek seperti cakar ayam? 

- Tidak boleh potong kuku malam

Pantangan ini kononnya dianggap tabu bagi masyarakat teutama di Indonesia, karena jika pantangan ini dilanggar kita akan mati menjadi batu.

- Tidak boleh berbaring telungkup sambil mengangkat kedua kaki keatas

Mitos ini sedikit seram karena konon katanya jika berbaring telungkup sambil mengangkat kedua kaki keatas maka orang tua kita akan meninggal. Hmmm....Ada ada saja. Mungkin mitos ini ada hanya karena nenek moyang kita kingin generasinya nanti memiliki akhlak yang sopan saja.

- Tidak boleh foto bertiga

Tapi pantangan ini intinya tidak boleh foto bertiga karena orang yang berada di tengah akan mendapat musibah atau mungkin meninggal. Tapi sekarang sudah banyak yang mengabaikan pantangan ini. Sekali lagi guys, jodoh rizeki dan maut itu sudah diatu oleh Allah SWT.

- Menyapu Bersih

Tentu hal ini banyak dilakukan oleh wanita yaitu menyapu dalam rumah. Mitos Jawa begini menyapu bersih agar dapat jodoh tidak brewok / ganteng. Entah kapan cerita ini ada, yang jelas sudah ada sejak zaman dahulu.

- Makan Tidak Habis

Saya mendengar mitos ini dari mama saya. Menurut beliau, jika makan harus habis agar rezeki kita banyak dan tidak dibabat oleh orang lain. Juga kalau makan ikan harus mengonsumsi kepala ikan, bukan ekor ikan. Agar jodoh kita kelak adalah petinggi (pemimpin).

- Anak Kecil Keluar Menjelang Maghrib

Larangan anak kecil tidak boleh keluar saat Maghrib nanti diculik Wewe Gombel. Memang saat menjelang Maghrib hantu ataupun demit sudah berkeliaran, tentu hal ini bisa juga anak akan diganggu oleh mahkluk ghaib. Mungkin mitos ini dibuat agar orang tua lebih menjaga anak anaknya. Daripada maghrib masih bermain, lebih baik ajak mereka untuk pergi mengaji. Ya kan?

- Memakai Payung

Pasti kalian pernah mendengar mitos ini bukan?  Cerita ini sangat terkenal hingga sampai sekarang yakni jangan menggunakan payung dalam rumah. Sebab dapat menyebabkan kesukaraan dalam hidup. Bahkan ada yang mengatakan dapat mendatangkan mahkluk ghaib, maka tidak heran jika ceirta ini ada dalam film horor.

- Tidak Boleh bermain petak umpet di malam hari

Permainan seru petak umpet mungkin tidak asing di telinga kita. Permainan kuno ini ternyata ada faktor mistis nya juga. Orang dulu percaya Permainan ini tidak boleh dimainkan di malam hari karena akan disembunyikan oleh setan. Well...Sempat tidak percaya sih tapi hal ini terjadi pada adik saya sendiri. Dulu ia bermain petak umpet dan disembunyikan oleh kalongwewe. Tapi ini bukan menjadi bukti kalau mitos itu nyata ya.

Okee mungkin itu saja serba serbi mitos yang bisa saya kupas kepada kalia. Semuanya kembali lagi ke kita mau mempercayai atau tidak. Kebanyakan dari sebuah mitos tidaklah nyata adanya. Sebagian bisa saja sebuah larangan biasa yang di buat orang dulu untuk mendidik dengan menakut nakuti anak anak mereka. Tapi kita ambil sisi positifnya. Dengan adanyamitos mitos itu kita lebih berhati hati dan sopan dalam bersikap bukan? 


Ditulis Oleh : AMILIA CANDRASARI
Mahasiswa Jurusan Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Malang

Aneka 4975099446913495513

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Indeks

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang