Hendrik Lewerissa, Balon Wagub Terakhir Ambil Formulir di Gerindra | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Hendrik Lewerissa, Balon Wagub Terakhir Ambil Formulir di Gerindra

BERITA MALUKU. Ketua DPD Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Maluku, Hendrik Lewerissa yang juga Bakal Calon (Balon) Wakil Gubernur Maluku, terakhir mengambil formulir pendaftaram di partai yang dipimpinnya, Rabu (21/6/2017).

Lewerissa tiba di kantor DPD Gerindra pukul 16.00 WIT disambut sejumlah kader, dan langsung mengambil formulir pendaftaram yang diserahkan langsung oleh tim penjaringan Balon Gubernur dan Wakil Gubernur partai Gerindra, Jhon Laipeny.

Kepada awak media, Lewerissa mengatakan, pendaftarannya ini merupakan tindaklanjut dari rapat koordinasi partai Gerindra 22 Maret 2017, yang merekomendasikan dirinya untuk maju dalam konstetasi Pilgub tahun 2018, sebagai Balon Wakil Gubernur.

“Oleh karena itu sebagai bentuk tindaklanjut dari hasil Rakorda tersebut, saya resmi mendaftar di Gerindra,” ujarnya. 

Selain Gerindra, dirinya juga merencanakan akan mendaftar di sejumlah partai politik yang sampai saat ini masih membuka pendaftaran Balon Gubernur dan Wakil Gubernur, guna memenuhi mekanisme internal yang ditetapkan Gerindra.

Orang nomor satu Maluku di partai berlambang kepala burung garuda ini, mengakui telah membangun koordinasi dengan beberapa calon Gubernur, diantaranya Ketua DPD Golkar Maluku, Said Assagaff dan Dankor Brimob Mabes Polri, Murad Ismail, yang sudah terbangun dengan sangat baik.

“Saya kira sebagai balon Wakil Gubernur, harus membangun komunikasi dengan berbagai pihak, bukan hanya dengan calon Gubernur, tetapi juga dengan seluruh pimpinan partai politik, sehingga komunikasi politik itu bisa kemudian bisa tiba pada satu kesepakatan yang konkrit,” pungkasnya. 

Menurutnya, koordinasi dengan sejumlah calon Gubenur perlu dilakukan mengingat dinamika pilgub 2018 saat ini masih cair dan belum ada satu kondisi politik yang sungguh-sungguh mengkristal. Oleh karena itu komunikasi itu dapat dilakukan dengan pihak mana saja. 

Walaupun demikian, sebagai kader dirinya akan tunduk kepada keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra yang akan memustukan dengan siapa dirinya akan berpasangan. 

“Saya melaksankan mekanisme, membangun komunikasi polittik tetapi akhirnya yang memustukan dengan siapa saya berasangan adalah DPP,” tandasnya.  

Sementara itu, Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Maluku sekaligus tim penjaringan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Jhon Laipeny mengatakan sampai penutupan, sudah ada 7 calon Gubernur dan 5 Wakil Gubernur yang mengambil formulir pendaftaran.

7 calon Gubernur yang mengambil formulir, yakni Ir. Moh.Zidik Sangadji, M.Si, Irjen Pol. Murad Ismail, Ir. Said Assagaff, Dr. Tagop Sudarsono, Jhozua Yoltuwu, Bitzael Temmar dan Jacky Noya.

Sedangkan 5 calon Wakil Gubernur , yakni Ir. Anderias Rentanubun, Moses, Rudy. F. Timisela, Abdullah Vanath, Lukas Uruwatu dan yang terakhir Hendrik Lewerissa.

Dijelaskan, setelah pengembalian formulir akan dilanjutkan pengembalian berkas pada tanggal 3,  sampai 6 Juli untuk selanjutnya diumumkan  balon Gubernur-Wagub yang mengembalikan berkas di Partai Gerindra.

Berkas-berkas tersebut, lanjut Laipeny akan diplenokan di tingkat DPD untuk diserahkan ke DPP untuk diputuskan.

“Nanti pleno DPP memutuskan melalui fit and propetes apakah dipercayakan DPD atau dilakukan langsung oleh DPP,” tuturnya.

Selain itu dikatakan, Gerindra memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada Balon Gubernur dan Wakil Gubernur untuk melakukan survei internal, yang sudah terlampir dalam formulir pendaftaran partai Gerindra, untuk dijadikan sebagai acuan dalam menilai apakah layak untuk dicalonkan atau tidak.
Pilkada Maluku 6584695424409899049

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang