Warga Halmahera Barat Serahkan Dua Unit Senjata | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Warga Halmahera Barat Serahkan Dua Unit Senjata

Ilustrasi
BERITA MALUKU. Warga Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara menyerahkan dua unit senjata jenis Browning Machine Gun Cal 50 mm pabrikan Amerika Serikat dengan nomor seri 1728535 ke Satgas Pam Rahwan Yonif 726/Tamalatea.

Wadan Satgas Yonif 726/Tml Mayor Inf Ary Eko Pramono, di Ternate, Kamis (20/4/2017) menyatakan pihaknya berhasil melaksanakan penggalangan secara intensif dengan pendekatan secara kekeluargaan atas pengembangan informasi yang diperoleh anggota di lapangan.

Salah satu masyarakat di Kabupaten Halmahera Barat secara sukarela menyerahkan dua unit senjata otomatis organik jenis heavy gun tersebut, untuk kemudian diamankan di Pos Kotis B yang selanjutnya diserahkan kepada Denpal Ternate.

Hal tersebut menambah daftar panjang perolehan senjata jajaran Satgas Yonif 726/Tamalatea, setelah sebelumnya senjata sejenis juga berhasil diamankan di wilayah Halmahera Utara.

Dansatgas Yonif 726/Tamalatea Letkol Inf Yuswanto membenarkan informasi tersebut, dan bangga atas prestasi yang dicapai oleh jajarannya selama melaksanakan Opspamrahwan di wilayah Maluku dan Maluku Utara.

"Keberhasilan ini bagian dari upaya satgas dalam melaksanakan komunikasi sosial dengan masyarakat melalui pendekatan persuasif," katanya pula.

Keberadaan satgas dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat dalam upaya membantu mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya serta menjaga keamanan dengan pendekatan kesejahteraan melalui penerapan sesuai kebijakan Kodam XVI/Ptm, yaitu emas hijau dan emas biru yang secara otomatis akan menciptakan emas putih atau stabilitas keamanan yang kondusif.

Karena itu, masyarakat semakin memiliki kesadaran yang tinggi untuk menyerahkan senjata yang pernah digunakan saat konflik serta mereka telah sadar untuk tidak mau mengulang masa lalu berganti semangat kebersamaan memajukan kesejahteraan Maluku Utara yang lebih baik.

Karena itu, Dansatgas mengimbau kepada masyarakat hingga saat ini masih memiliki senjata api baik organik maupun rakitan, agar dapat menyerahkan kepada aparat TNI baik satgas maupun satuan terdekat.

"Saya percaya dan yakin bahwa masyarakat Maluku Utara saat ini telah semakin dewasa dan memiliki semangat membangun daerah melalui pemberdayaan kekayaan sumber daya alam yang dimiliki," katanya lagi.
Malut 6183375562957287679
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks