Enam Puskesmas Akan Dibangun di Wilayah Perbatasan Kabupaten MBD | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Enam Puskesmas Akan Dibangun di Wilayah Perbatasan Kabupaten MBD

BERITA MALUKU. Tahun 2017 ini, akan dibangun enam gedung Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di wilayah perbatasan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) untuk melayani kesehatan masyarakat setempat.

“Kita akan bangun enam gedung puskemas di wilayah perbatasan kabupaten MBD tahun 2017. Puskesmas yang dibangun ini akan menambah puskesmas yang sudah ada untuk melayani masyarakat di sana,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten MBD, Tos Aktawalora kepada Berita Maluku Online, Rabu (18/1/2017).

Dikatakan, enam wilayah di kabupaten yang berbatasan langsung dengan Australia dan Negara Timor Leste tersebut, antara lain di Lirang, Ilwaki, Wonreli, Serwaru, Lelang, pulau Marsela.

Menurut Aktawalora, sebelumnya pihaknya mengusulkan pembangunan empat belas puskesmas karena kabupaten ini terdiri dari banyak pulau terluar yang berbatasan langsung dengan dua negara tetangga tersebut, akan tetapi hanya disetujui pembangunan enam puskesmas perbatasan menambah dua puluh puskesmas yang sudah di kabupaten tersebut.

Menjawab media ini lebih lanjut, Aktawalora mengaku tenaga medis di wilayah perbatasan ini masih sangat minim untuk ditempatkan di puskesmas-puskemas yang tersebar di wilayah tersebut, sehingga pihaknya masih membutuhkan sejumlah tenaga medis untuk melayani masyarakat, terutama tenaga bidan, tenaga di bidang gizi dan tenaga di bidang kesehatan lingkungan.

“Tenaga-tenaga medis ini harus minimal D1 dan Poltekes atau punya ijazah kesehatan sebab saat ini undang-undang mengharuskan itu. Sebab mereka nanti akan melayani  penyakit khusus pasien,” ujar pejabat melankolis tersebut. (m/e)
Kesehatan 9043543318990509170

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Indeks

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang