Pemda Maluku Rencanakan Bangun Kerjasama Dengan Timor Leste | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pemda Maluku Rencanakan Bangun Kerjasama Dengan Timor Leste

BERITA MALUKU. Salah satu provinsi di Indonesia yang berbatasan langsung dengan tiga negara adalah Maluku, yakni Kabupaten Kepulauan Aru berbatasan langsung dengan Papua Nugini, Maluku Tenggara Barat (MTB) dengan Australia dan Maluku Barat Daya (MBD) yang berbatasan dengan Timor Leste.

Dari ketiga daerah ini, MBD merupakan daerah yang paling dekat berbatasan dengan Timor Leste, dimana jarak antara MBD ke Timor Leste hanya 4,6 mil atau jangka waktu tempuh sekitar 30 menit. Sehingga aktivitas masyarakat dalam hal perdagangan dan pengobatan lebih banyak ke Timor Leste.

Melihat kondisi tersebut, kedepan pemerintah daerah (Pemda) Maluku merencanakan untuk membangun kerjasama dengan Timor Leste. 

“Di bulan September, Gubernur akan meresmikan Masjid di Kisar, Kabupaten MBD. Kemudian beliau akan melanjutkan ke negara seberang, Timor Leste,” kata Seketaris Daerah Maluku, Hamin Bin Tahir, Jumat (2/9/2016).

Dijelaskan, kerjasama yang akan dibangun dengan Timor Leste di bidang ekonomi, apalagi jarak antara Timor Leste dan Maluku, terutama MBD sangat dekat. Sedangkan jarak MBD dengan ibukota provinsi Maluku, Ambon lumayan jauh, dimana jarak tempuh menggunakan armada transportasi cukup memakan waktu satu hari menggunakan kapal cepat, sedangkan kapal Pelni mencapai dua hari.

“MBD dan Timor Leste sangat dekat, sehingga perlu adanya kerjama sama di bidang ekonomi dalam membantu masyarakat yang ada di bumi kalwedo itu,” pungkasnya.

Dirinya berharap, upaya kerjasama yang akan dibangun Gubernur Maluku dapat berjalan dengan baik, sehingga membawa dampak baik bagi MBD, dan secara luas Maluku.
Headline 7208948308047722783

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang