Masyarakat Diimbau Waspadai Hujan Lebat di Kepulauan Aru | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Masyarakat Diimbau Waspadai Hujan Lebat di Kepulauan Aru

BERITA MALUKU. Masyarakat diimbau mewaspadai potensi hujan lebat disertai petir di kabupaten Kepulauan Aru, Maluku yang secara geografis dekat dengan negara tetangga Australia.

"Peluang hujan lebat diserta petir ini karena adanya adanya awan gelap (cumulonimbus) di lokasi tersebut sehingga bisa menimbulkan angin kencang dan menambah tinggi gelombang," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pattimura Ambon George Mahubessy di Ambon, Senin (5/9/2016).

Karena itu, masyarakat pesisir maupun nelayan di kabupaten Kepulauan Aru hendaknya memperhatikan peringatan dini tersebut guna mengantisipasi kemungkinan terjadi musibah laut yang tidak diinginkan.

"Kondisi cuaca tersebut menyulitkan aktivitas nelayan, apalagi hanya mengandalkan armada tradisional untuk menangkap ikan," ujarnya.

Tinggi gelombang di Laut Arafura, Laut Aru, Laut Banda, perairan kepulauan Kai maupun Babar, Tanimbar dan Pulau Leti mencapai 2,5 meter.

Hanya saja, kondisi cuaca di sebagian besar wilayah di Maluku adalah hujan ringan.

Kecepatan angin berkisar 30 KM/jam berpeluang terjadi d kota Ambon dan kabupaten Maluku Tengah, sedangkan kota Tual dan tujuh kabupaten lainnya kecepatan angin bervariasi 20-25 KM/jam.

George mengemukakan imbauan tersebut telah diteruskan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku maupun sembilan kabupaten dan dua kota.

Begitu pun, kepada para bupati maupun wali kota se-Maluku agar mengingatkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) teknis untuk memperhatikan peringatan dini dari BMKG.

"Para pengguna jasa transportasi juga hendaknya memaklumi bila terjadi penundaan dan keterlambatan jadwal keberangkatan kapal laut akibat faktor cuaca karena pertimbangan perlunya memprioritaskan keselamatan," ujarnya.
Daerah 26907741223681849
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks