KSOP Ternate Minta Kapal Ukuran Kecil Waspadai Cuaca Buruk | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

KSOP Ternate Minta Kapal Ukuran Kecil Waspadai Cuaca Buruk

BERITA MALUKU. Kesyahabandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ternate, Maluku Utara, meminta agar pemilik kapal, terutama berukuran kecil agar mewaspadai kondisi cuaca buruk saat berlayar.

"Kondisi cuaca saat ini buruk sehingga dikhawatirkan terjadi masalah dalam pelayaran," kata Plt Kepala KSOP Ternate, Arifai, di Ternate, Kamis (7/7/2016).

Permintaan ini karena mempertimbangkan kondisi laut kurang bersahabat sehingga jangan memberangkatkan kapalnya guna mengantisipasi musibah laut yang tidak diinginkan.

"Kami intensif berkoordinasi dengan BMKG agar para pemudik bisa tiba dengan selamat di tempat tujuan," ujar Arifai.

Karena itu, sekiranya BMKG sudah mengeluarkan peringatan dini, maka selaku KSOP mengingatkan para pemilik kapal terutama berukuran kecil maupun nahkoda agar dalam melaksanakan kegiatan pelayarannya agar lebih berhati-hati.

"Bila cuaca dan kondisi laut tidak memungkinkan, maka diperingatkan agar jangan kapal diberangkatkan karena kita harus menjaga jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Arifai.

Dia mengingatkan arus balik mudik nanti, KSOP memperketat pengawasan aktivitas pelayaran dari dan pelabuhan Ternate..

Apalagi, kata Arivai, puncak arus mudik diprakiraan berlangsung pada 10 Juli 2016 atau H+4 perayaan Idul Fitri.

Para pemilik kapal harus mengutamakan keselamatan penumpang dengan tidak mengangkut melebihi kapasitas dengan selalu menyiapkan alat keselamatan bagi penumpang.

"KSOP memperketat pengawasan dan pelayanan dengan mengutamakan keselamatan bagi para penumpang saat pelayaran nanti, salah satunya dengan meminta sejumlah armada untuk melayani penumpang dengan menyiapkan alat keselamatan sesuak dengan ketentuan pelayaran,"ujar Arivia.
Malut 5127683002730720008

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang