Ibukota Kabupaten MBD Kesulitan Air Bersih | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Ibukota Kabupaten MBD Kesulitan Air Bersih

BERITA MALUKU. Kesulitan air bersih di Tiakur, Ibukota Kabupaten  Maluku Barat Daya (MBD) dari tahun ke tahun terus  menjadi persoalan  warga yang tinggal di ibukota julukan kalwedo tersebut, padahal secara defacto membuktikan miliaran rupiah dari anggaran negara sudah digelontorkan untuk mengadakan sarana yang menjadi kebutuhan pokok manusia di wilayah tersebut.

Masalah air bersih yang dipersoalkan warga Tiakur disebabkan penanganan sejumlah proyek air bersih oleh pihak yang menanganinya tidak profesional, sehingga anggaran negara terkesan menguap begitu saja, buktinya hanya terpasang pipa-pipa, sementara air tak mengalir sebagaimana yang diharapkan.

Bahkan sudah beberapa tahun belakangan ini, warga Tiakur mengaku belum menikmati hasil dari proyek pekerjaan sarana air bersih tersebut. Di lain pihak, warga Tiakur terus mendambakan keberadaan air bersih untuk dinilmati.

“Peoyek air bersih sudah dibangun sejak tahun 2012, tetapi sampai saat ini belum bisa dinikmati masyarakat. Untuk itu, dimintakan supaya para wakil rakyat bisa menyikapai persoalan air bersih di Tiakur,” lapor Marten Witha, salah satu warga Tiakur kepada Berita Maluku Online, Kamis (2/6/2016).

Dikatakan, sejak pemekaran Kabupaten MBD, hampir satu dekade lalu, Pemda Kabupaten MBD dan Pemerintrah Provinsi Maluku telah menggarkan puluhan miliar rupiah untuk membangun jaringan perpipaan air bersih di pusat ibukota Kabupaten MBD, namun hingga kini masyarakat belum menikmati air bersih.

Informasi yang diperoleh, dalam kondisi tak jelas soal pekerjaan proyek air bersih tersebut, Pemerintah Kabupaten MBD kemudian mengalihkan penanganan pengeloaan air bersih kepada PDAM Tiakur untuk dibenahi, dengan memberikan sejumlah anggaran operasional. Namun ini tak mampu merobah keadaan. Sebaliknya, air bersih sampai saat ini belum bisa dirasakan masyarakat setempat, akibatnya keberadaan air bersih di Tiakur terus menjadi persoalan panjang.

Sementara itu, Kepala PDAM Tiakur MBD, Yan Leunupun belum berhasil dikonfirmasi terkait persoalan air bersih di Tiakur. (GLe)

Proyek 4451604212813298131

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang