Gandeng BNN Maluku, Mahasiswa KKN UKIM Gelar Sosialisasi Narkotika | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Gandeng BNN Maluku, Mahasiswa KKN UKIM Gelar Sosialisasi Narkotika

BERITA MALUKU. Melihat kondisi Maluku yang sudah semakin rawan penyalahgunaan narkotika, terutama dikalangan pelajar, membuat Mahasiswa Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) tergerak hati untuk melakukan sosialisasi narkotika bagi pelajar SMP negeri 3 Ambon. 

Sosialisasi narkotika di SMP Negeri 3 Ambon, merupakan kerjasama mahasiswa KKN UKIM desa Galala dan Hative kecil dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Maluku. dengan narasumber, Stanly N Taghupia dan Madolfin Wenno yang juga penyuluh BBN Maluku, serta dosen di UKIM, Fakultas Kesehatan, Jurusan Kesmas, Ivi Lawata.

Usai sosialisasi, Stanly N Taghupia kepada wartawanmenjelaskan, materi yang dibawakan tentang dampak buruk penyalahgunaan narkotika bagi siswa/pelajar. Kegiatan tersebut mendapat respon seluruh pelajar.

Melalui sosialisasi, dirinya berharapn dapat membuka pengetahuan siswa tentang narkotika, sehingga siswa dapat membentengi diri dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

“Apalagi dengan usia remaja atau usia labil, ditambah dengan lingkungan yang jika tidak difilter dengan baik, serta kuragnya pengetahuan maka pintu untuk penyalahgunaan narkotika akan terbuka lebar. Untuk itu diperlukan pengetahuan, dengan memberikan sosialisasi. Ini adalah salah satu upaya kami dari bidang pencegahan BNN Maluku untuk memprotek siswa sejak dini agar terhindar dari penggunaan dan peredaran gelap narkotika dikalangan pelajar,” ucapnya.

Sementara itu, ketua mahasiswa KKN UKIM Desa Galala, Levinus Rodrigues mengatakan, sosialisai narkotika di SMP negeri 3 Ambon sebagai bentuk kepedulian dan tanggungjawab seluruh masyarakat Maluku dalam membantu pemerintah untuk menyelematkan generasi muda bangsa dari narkotika, terutama di lingkungan Galala-Hative Kecil. 

“Dari assessment di kedua desa ini, dapat dikatakan sebagai daerah yang marak terjadi peredaran dan penyalahgunaan narkotika. Itu sebabnya kondisi lingkungan seperti ini baik secara langsung maupun tidak langsung dapat memberikan pengaruh bagi para siswa yang setiap harinya beraktivitas di kedua negeri tersebut,” tuturnya.

Lanjut Rodrigues, bahwa dukungan dari mahasiswa dalam upaya pencegahan melalui kegiatan penyuluhan bagi para siswa terhadap dampak dari penyalahgunaan narkotika, sangatlah penting demi membangun generasi muda yang cerdas dan bebas narkotika.

Hal yang sama juga disampaikan ketua mahasiswa KKN Negeri Hative Kecil, Sakri Refurm, bahwa sosialisasi narkotika yang dilakukan merupakan bentuk kepedulian bagi generasi muda Maluku, yang sudah semakin terpuruk akibat penggunaan narkotika.

“Untuk itulah melalui sosialisasi ini kita bisa menyampaikan masalah narkoba bagi pelajar untuk mengetahui dan mengenal lebih jauh dampak penggunaan narkoba, yang berujung pada kematian,” pungkasnya.
Aneka 2235784308822286275

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang