Aktivitas Gunung Gamalama Mulai Menurun | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Aktivitas Gunung Gamalama Mulai Menurun

BERITA MALUKU. Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), mencatat hingga Minggu Pagi (19/7/2015), aktivitas Gunung Gamalama mulai menunjukkan penurunan, menyusul berkurangnya gempa tektonik yang terjadi di gunung tersebut.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama, Darno Lamane di Ternate, mengatakan hingga Minggu pagi ini, aktivitas Gunung Api Gamalama cenderung menurun.

Apalagi, sesuai hasil analisa tercatat, terjadi tiga kali hembusan pihaknya mencatat terjadi gempa tremor hembusan menerus dengan amplitude 0,5-1,5 mm dengan tiga kali gempa hembusan dengan durasi 26.15 detik dan ini menurun jika dibandingkan dengan aktivitas Gunung Gamalama yang terjadi selama dua hari sebelumnya.

Menurut dia, Pagi ini memang dari hasil pemantauan aktivitas gunung setinggi 1700 meter belum menunjukkan peningkatan jika dibandingkan dengan dua hari sebelumnya Pos Pengamatan juga mencatat terjadi tiga kali gempa tektonik jauh amplitude 3-42 mm, s-p 12,13 detik dengan lama gempa yang tercatat selama 34,85-92,52 detik.

"Bahkan, Gunung Gamalama tercatat sudah terjadi empat kali letusan erupsi Gunung Gamalama sejak Kamis (16/7) Sore tersebut dan dari hasil pengamatan gunung sejak Jumat (17/17) dari pukul 06.00 hingga 12.00 Wit tercatat gempa tremor hembusan amplitudo 0,5-2 mm dan secara visual abu vulkanik teramati tebal setinggi 1000 meter dari permukaan kawah Gunung Gamalama dan Alhamdulillah aktivitasnya mulai menurun," katanya.

Darno mengatakan, meskipun Gunung Gamalama sudah terjadi penurunan aktivitasnya, namun dirinya mengimbau kepada warga sekitar untuk tetap waspada dan tidak melakukan aktivitas di sekitar lereng Gunung Gamalama.

"Masyarakat di Kota Ternate diimbau untuk tetap tenang dan jangan mudah percaya dengan berbagai informasi mengenai perkembangan Gunung Gamalama, kecuali informasi yang resmi dikeluarkan oleh pihak Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama dan pemkot setempat," katanya .

Sementara itu, aktivitas di Bandara Babullah Ternate mulai dibuka aktivitasnya, karena sejauh ini belum ada peringatan dari pihak Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama mengenai dampak erupsi Gunung Gamalama terhadap aktivitas penerbangan di bandara itu. (ant/bm 01)
Malut 6451101416074588510

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang