Belasan Guru Berprestasi Wakili Maluku Ikut Seleksi Tingkat Nasional | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Belasan Guru Berprestasi Wakili Maluku Ikut Seleksi Tingkat Nasional

Ambon - Berita Maluku. Sebanyak 11 orang guru dan empat orang pengawas kota Ambon akan mengikuti seleksi guru berprestasi mewakili provinsi Maluku di tingkat nasional tahun 2015.

Perwakilan guru tersebut terdiri dari masing-masing dua guru dan kepala sekolah Taman Kanak-kanak (TK), dua guru dan kepala sekolah SD dan Sekolah menengah Pertama (SMP), dan lima orang guru dan kepala sekolah SMA dan SMK.

"Selain guru dan kepala sekolah serta pengawas dari Dinas Pendidikan kota Ambon, juga satu orang guru berdedikasi," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) setempat, Benny Kainama, Sabtu (20/6/2015).

Ia mengatakan, seleksi guru berprestasi dilakukan tingkat provinsi yang diikuti tujuh kabupaten dan kota di Maluku. Hasil tersebut perwakilan kota Ambon dinyatakan lulus 11 orang guru dan empat pengawas.

Penilaian guru dan pengawas dilakukan Forum Pendidikan Prestasi Kota Ambon dan Provinsi Maluku sejak Mei 2014.

Penilaian tersebut meliputi portofolio, penguasaan akademik yakni wawancara dan tes tertulis, karya ilmiah untuk penelitian tindakan kelas dan tindakan sekolah, serta persentase terhadap karya ilmiah untuk penguasaan ilmu teknologi.

"Para guru juga telah melewati tahapan penilaian yang cukup banyak, tetapi kami bersyukur guru-guru kota Ambon memiliki keterampilan dan pengetahuan yang baik, sehingga akan mewakili provinsi Maluku ke tingkat nasional," katanya.

Benny menjelaskan terpilihnya perwakilan Kota Ambon tersebut, membuktikan tingkat kompetensi guru dan pengawas mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan guru dari kota dan kabupaten lain di Maluku.

Tingkat pendidikan di Kota Ambon semakin baik dan kualitasnya meningkat. Para guru berprestasi memiliki kompetensi, profesionalisme dan kepribadian yang dinilai.

"Kita semua harus bangga atas prestasi yang dicapai. Langkah ini harus didukung agar di tahun selanjutnya bisa dipertahankan," ujarnya.

Ditambahkannya, seleksi guru berprestasi ini adalah agenda rutin setiap tahun, yang seleksinya dilaksanakan pada bulan Juli.

"Keseluruhan guru berprestasi ini, nantinya akan berangkat ke Jakarta bulan Agustus, mereka juga akan diberikan kesempatan mengikuti upacara peringatan Proklamasi RI di Istana Negara, bersama dengan dokter dan lurah berprestasi," tandasnya. (Ant/bm 01)  
Pendidikan 6522795859894401757
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks