Fasilitas Pendukung Pesparawi Nasional di Ambon Dijamin Rampung Sesuai Jadwal | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Fasilitas Pendukung Pesparawi Nasional di Ambon Dijamin Rampung Sesuai Jadwal

Ambon - Berita Maluku. Dinas PU Maluku menjamin sejumlah fasilitas pendukung yang dibangun dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan pesta paduan suara gerejawi (Pesparawi) XI tingkat nasional di Kota Ambon pada Oktober 2015 rampung pembangunannya sesuai jadwal.

"Kami awasi pembangunan maupun renovasi sejumlah fasilitas terealisasi sesuai jadwal kontrak pengerjaan," kata Kabid Prasarana Permukiman dan Tata Bangunan Dinas PU Maluku, Kasrul Selang, di Ambon, Senin (2/3/2015).

Dia merujuk renovasi Sporthall dan Gedung Santo Fransiscus Xaverius telah rampung, sedangkan Baileo Oikumene dan Taman Budaya masih pengerjaan.

"Terpenting progres pengerjaan gedung Kristiani Centre dan Katholik Centre menunjukan perkembangan meningkat realisasinya agar rampung sesuai jadwal kontrak sehingga bisa dimanfaatkan saat Pesparawi tingkat Nasional nantinya," ujar Kasrul.

Gedung Katholik Centre dibangun berlantai dua, berkapasitas 800 orang dengan anggaran Rp13,25 milar.

Sedangkan Kristani Centre juga berlantai dua berkapasitas 1.000 orang dengan anggaran Rp24,35 miliar.

Kedua gedung ini sesuai kontrak yang telah ditandatangi pada 8 Oktober harus rampung 8 September 2015.

Gubernur Maluku, Said Assagaff mencanangkan pembangunan maupun renovasi sejumlah fasilitas menyukseskan Pesparawi XI Tingkat Nasional di Ambon pada 12 Juni 2014.

Pembangunan fasilitas keagamaan itu merupakan program Pemprov Maluku yang sebelumnya telah membangun Islamic Centre dan merenovasi Masjid Raya Alfatah menyambut pelaksanaan MTQ Nasional XXIV di Ambon pada 8 - 15 Juni 2012.

Begitu pun renovasi gedung gereja Maranatha yang diresmikan pada 6 September 2013.

Sebelumnya, Gubernur Maluku, Said Assagaff mengemukakan, bersama pimpinan agama di provinsi ini telah menemui Menteri Agama, Lukman Hakim Saefuddin, untuk melaporkan persiapan penyelenggaraan Pesparawi XI tingkat nasional pada 2015 .

Keberaaan lima pimpinan agama sebagai komitmen bahwa Maluku siap menyelenggarakan Pesparawi tingkat nasional di Kota Ambon nantinya.

"Pemprov Maluku dan lima lembaga keagamaan sejak awal telah berkomitmen bahwa Pesparawi 2015 harus sukses sebagaimana MTQ tingkat nasional di Ambon pada 2012," ujarnya.

Komitmen ini menunjukkan bahwa event keagamaan tidak semata menjadi tanggung jawab umat beragama yang menyelenggarakannya.

Namun, haruslah mencerminkan jalinan kebersamaan antarumat beragama sebagai warisan leluhur yang dipelihara sebagai aset budaya Indonesia hingga saat ini.

Karena itu, pertemuan dengan Menteri Agama juga dimanfaatkan untuk mengundang Presiden Joko Widodo agar nantinya membuka Pesparawi tingkat nasional di Ambon, sekaligus meresmikan sejumlah fasilitas pendukungnya maupun proyek lainnya.

Kehadiran Kepala Negara juga diprogramkan meresmikan jembatan Merah Putih yang melintasi Teluk Dalam Ambon dan patung Menteri Kesehatan era Presiden Soekarno hingga Soeharto, Dr, G.A. Siwabessy. (ant/bm 10)
Proyek 6377037315977343361
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks